kelapa
Bibit kelapa atau "pujer" yang sudah berbuah ditemukan warga di Pura Puseh Kaliakah. (BP/kmb)

NEGARA, BALIPOST.com – Bibit kelapa atau sering disebut “pujer” sudah berbuah ditemukan warga Banjar Peh, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Jembrana, Rabu (17/1) di Pura Puseh desa setempat. Dari informasi, pujer atau tunas kelapa aneh tersebut ditemukan pertama kali oleh Putu Yasa (48), warga Banjar Peh, Desa Kaliakah, Negara.

Pujer tersebut ditemukan di dalam areal Pura Puseh, desa setempat, saat dirinya bekerja membuat taman. Pujer setinggi sekitar 40 cm meter tersebut tumbuhnya di tempat tersembunyi, tepatnya di sela-sela pohon pisang. Secara tidak sengaja ditemukan oleh Putu Yasa.

Perbekel Kaliakah I Made Bagiarta dikonfirmasi membenarkan salah seorang warganya menemukan pujer/tunas kelapa aneh tersebut.

Dikatakannya, dirinya juga sempat mengecek pujer/tunas kelapa tersebut secara langsung dan saat ini, pujer/tunas kelapa tersebut sudah ditanam di rumah penemunya dengan menggunakan pot. Menurut Bagiarta tinggi pohon tidak lebih dari 40 cm, namun sudah tumbuh buah. “Jumlah buahnya ada empat biji, tapi kecil-kecil dan pujer yang ditemukan hanya satu buah,” jelasnya.

Baca juga:  Penuhi Kebutuhan Galungan, Pisang dan Kelapa “Daksina” Luar Bali Banjiri Pasar

Bagiarta, juga mengatakan diduga pujer tersebut berasal dari salah seorang warga yang membawa kelapa “penyemek” untuk membuat Daksina saat ngayah di Pura Puseh, namun karena tidak jadi digunakan akhirnya kelapa penyemek tersebut dibuang dan lama kelamaan tumbuh tunas. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.