Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Orang dewasa juga bisa mengalami mimpi buruk. Dikutip dari WebMD, mimpi buruk pada orang dewasa sering terjadi dengan spontan. Akan tetapi, juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

Pada beberapa kasus, mimpi buruk kerap terjadi setelah seseorang makan pada larut malam. Hal ini membuat tubuh meningkatkan metabolisme dan memberikan sinyal pada otak agar lebih aktif.

Mimpi buruk pun memiliki efek bagi kesehatan yang mengalaminya jika terjadi kelewat sering. Berikut efek mimpi buruk, dikutip dari klikdokter.com :

Orang-orang yang sering mengalami mimpi buruk biasanya memiliki perasaan cemas yang berlebih. Jika hal ini tidak segera ditangani, maka bisa menimbulkan efek psikologis yang merugikan.

Meski hubungannya tidak begitu dipahami, akan tetapi mimpi buruk telah dikaitkan dengan tindakan bunuh diri. Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan profesional medis bila Anda sering mengalami mimpi buruk.

Baca juga:  Ini, Anjuran Dokter Soal Minum Kopi

Selain itu, kurang tidur yang disebabkan oleh mimpi buruk bisa menyebabkan sejumlah masalah medis, termasuk penyakit jantung, depresi, dan obesitas. Jika mimpi buruk pada orang dewasa adalah gejala sleep apnea atau gangguan stres setelah trauma, kesehatan fisik dan mental seseorang akan terganggu.

Kejadian mimpi buruk setiap orang berbeda-beda, ada yang tidak bisa berlari cepat untuk menghindari bahaya atau seakan-akan terjatuh dari ketinggian. Jika mengalami peristiwa traumatis (seperti serangan atau kecelakaan), Anda mungkin akan mengalami mimpi buruk berulang kali.

Tidur merupakan salah satu kebutuhan mendasar. Minim istirahat karena mimpi buruk berisiko menurunkan daya tahan tubuh dan mudah terkena penyakit. Karena itu, Anda perlu memiliki kualitas tidur yang baik guna menjaga kesehatan. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.