GIANYAR, BALIPOST.com – Jelang perayaan Natal dan tahun baru (Nataru), Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar menggandeng aparat kepolisian melakukan uji keamanan pangan di Pasar Umum Gianyar, Jumat (22/12). Melalui kegiatan itu petugas pun mengambil beberapa sampel makanan, untuk selanjutnya dilakukan uji laboratorium.

Pelaksanaan uji keamanan pangan yang diselenggarakan di Pasar Umum Gianyar menurut Kasat Intel Polres Gianyar AKP Arya Agung Arjana menggambil sembilan jenis sampel makanan. Seperti sample makanan biji mutiara, bakso, tahu/tempe, ikan laut, ikan teri, jaje uli dari tiga pedagang berbeda dan sampel gula es campur.

Sementara Kapala Dinas Kesehatan Ida Ayu Cahyani, mengatakan giat uji pangan di Pasar Umum Gianyar dilakukan atas undangan dari aparat kepolisian. “Kita dapat undangan untuk melakukan pengecekan makanan, dan sudah saya kirim staf yang mampu,” ucapnya.

Baca juga:  Nataru dan Galungan Dipastikan Tak Picu Kenaikan Harga Pangan

Dikatakan kegiatan yang dilakukan mengambil sampel makanan, lantas mengecek ada tidaknya kandungan berbahaya berupa uji formalin, boraks dan Rhodamin B hingga makanan kedaluwarsa. “Tadi sudah ada beberapa sampel yang diambil, sementara untuk hasilnya mungkin masih dicek,” katanya.

Dikatakan pengecekan ini dilakukan untuk memastikan makanan yang beredar di wilayah Gianyar aman dari kandungan berbahaya. “Sekarang kan jelang tahun baru juga, jadi kita pastikan makanan yang dijual itu aman, di samping itu sebenarnya ini juga kegiatan rutin kami,” tandasnya. (Manik Astajaya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.