Jahe. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Jahe kini banyak digunakan sebagai obat herbal karena khasiatnya. Namun, masih sedikit pihak yang mengetahui bahwa jahe pun memiliki manfaat untuk kecantikan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 manfaat jahe untuk kecantikan yang bisa Anda terapkan di rumah :

1. Percepat pertumbuhan rambut

Tak hanya jojoba, jahe pun ternyata bisa mempercepat pertumbuhan rambut. Anda yang memiliki rambut rontok bisa memanfaatkan jahe untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan mencegah kebotakan.

Jahe berfungsi sebagai stimulan untuk mempercepat pertumbuhan rambut karena kandungannya yang meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala, yang penting untuk menstimulasi pertumbuhan rambut. Kandungan jahe yang kaya akan mineral, asam lemak, dan vitamin juga akan menguatkan akarnya dan mencegah rambut rontok.

Cobalah untuk membuat masker rambut menggunakan parutan jahe dan minyak jojoba dalam porsi sama banyak. Lalu pijatkan ke kulit kepala. Setelah 30 menit, cuci dengan sampo seperti biasa.

2. Menyamarkan luka

Karena kandungan antioksidan dan zat yang bisa mengencangkan, jahe bisa mengurangi tampilan dari bekas luka hypopigmented (bekas luka yang putih atau jauh lebih terang dari warna kulit). Tepukkan sepotong jahe segar ke area kulit yang memiliki bekas luka, dan biarkan jusnya mengering. Lakukannya hal ini satu sampai dua kali setiap hari.

Baca juga:  Pahit Rasanya, Banyak Manfaatnya

Dalam beberapa minggu menggunakan jahe, Anda sudah bisa melihat perubahannya. Dan dalam berapa bulan, bekas luka akan hampir tidak terlihat.

3. Menghilangkan ketombe

Kandungan antiseptik dalam jahe menjadikannya sebagai obat mujarab melawan ketombe. Pijatkan minyak jahe atau campuran parutan jahe dan minyak zaitun ke kulit kepala, dan diambkan selama 15-25 menit.

Lakukan hal ini setiap dua minggu sekali, dan rambut akan terbebas dari ketombe.

4. Mencegah penuaan dini

Mengonsumsi jahe atau memakainya untuk penggunaan luar akan memberi manfaat antipenuaan dini. Jahe mengandung sekitar 40 properti antioksidan yang bisa mencegah kerusakan akibat radikal bebas, dan melindungi kulit melawan penuaan.

Jahe juga bisa meratakan warna kulit dan memperbaiki elastisitasnya.

5. Mengurangi selulit

Selain manfaatnya mengusir racun dan menyegarkan tubuh, jahe ternyata juga bisa mengurangi selulit. kencangkan kulit dan stimulasi sirkulasi darah pada kulit menggunakan scrub jahe.

Campurkan 1/2 cangkir gula, 1/4 cangkir minyak zaitun, 2 sendok makan jahe parut segar, dan sari dari 1 buah lemon. Gosokkan scrub ini ke area yang bermasalah. Sisa scrub bisa disimpan di kulkas dan tahan sampai satu minggu. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.