LAMONGAN, BALIPOST.com – Tiga siswi dan siswa SMA di Kabupaten Lamongan berhasil membuat kue bolen dari bahan ikan laut/ Pembuatan kue berbahan dasar ikan laut tersebut selain rasanya legit juga kaya akan vitamin.

Terobosan baru ketiga siswa ini juga berhasil meraih finalis di ajang creative bussiness model canvas di Universitas Negeri Surabaya. Ketiga siswa ini adalah Nazalini Pramitha Kirana, Muhammad Hari Sulianto, dan Filza Sefti Yuliai.

Sebenarnya, cara membuat kue bolen dari bahan ikan laut ini tidak berbeda dengan pembuatan kue bolen pada umumnya. Awalnya ikan laut jenis sunduk yang telah dipilih dibersihkan terlebih dulu. Kemudian dilakukan pengeringan.

Setelah kering, ikan lalu ditumbuk agar menjadi halus. Setelah ikan menjadi halus, bahan ikan laut kemudian dicampur dengan adonan yang lain, seperti tepung terigu, mertega, dan telur. Kemudian baru dibungkus.

Baca juga:  Pengungsi di Posko Kerambitan Dilatih Buat Bolu dan Klepon

Menurut Nazalini, ide pembuatan kue bolen dari bahan ikan tersebut berawal dari keprihatinan akan harga ikan Sedui yang murah dipasaran. Dari situ siswa mencoba memanfaatkan ikan sedui menjadi kue yang bernilai ekonomi tinggi.

Selain rasanya yang enak, kue bolen dari bahan ikan sedui juga kaya akan vitamin. Berkat temuan mereka, ketiganya ampu menjadi finalis tingkat nasional di ajang lomba yang digelar di Ubaya. (kmb/surabayatv)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.