PKK
Tim penilai Lomba Pelaksana Terbaik Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, HKG dan BBGRM Tingkat Provinsi Bali menilai Desa Kamasan yang menjadi duta Kabupaten Klungkung, Jumat (24/11).(BP/ist)

DESA Kamasan dinobatkan sebagai duta Kabupaten Klungkung dalam lomba Pelaksana Terbaik Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, Hari Kesatuan Gerak (HKG) dan Bulan Bhakti Gotog Royong Masyarakat (BBGRM) Tingkat Provinsi Bali. Penilaiannya dilaksanakan, Jumat (24/11) yang terpusat di Banjar Sangging.

Tim penilai disambut langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta beserta Tim Penggerak PKK Kabupaten Klugnkung Ny. Ayu Suwirta, Camat Klungkung Komang Gde Wisnuadi dan para undangan lainnya.

Ketua tim penggerak PKK Desa Kamasan Ni Made Sukartini memaparkan menghadapi lomba ini, persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari. Diawali dengan mengadakan rapat  di desa, penyusunan rencana kegiatan, penyebaran informasi ke masyarakat. Selama ini, beberapa program sudah berhasil dilaksanakan, seperti revitalisasi posyandu, pembinaan dan penyuluhan, program kependudukan dan KB, hingga beberapa bidang kesehatan berupa LBS, pencegahan dan pemberantasan sarang nyamuk, imunisasi, gizi, kesehtan ibu dan anak, promkes dan PHBS. “Program ini seluruhnya mengarah pada peningkatan kesehatan masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyatakan melalui lomba ini, seluruh komponen desa diharapkan bisa bersinergi dengan menggunakan “Gema Santi” sebagai pedoman dalam melakukan semua kegiatan yang akan dilaksanakan. Ditegaskan, keikutsertaan dalam lomba, juara bukan hal yang utama. Lomba ini juga bukan paksaan, namun sebuah kebutuhan guna menuju masyarakat yang lebih baik. “Dari lomba ini, setiap desa bisa mengevaluasi kekurangan dan bisa menjadi lebih baik nantinya,” tegasnya.

Baca juga:  Lestarikan Uang Kepeng, Bupati Klungkung Berikan Motivasi ke Perajin

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny. Ayu Pastika  dalam sambutannya yang dibacakan Ny. Dayu Sudikerta menyebutan lomba inii merupakan kegiatan terpadu yang diharapkan menjadi motor penggerak partisipasi dari semua pihak dan menjadi wadah pembinaan bagi instansi pemerintah, organisasi kemasyarakatan dan LSM.

Guna lebih memacu kinerja dan menggairahkan kegiatan di lapangan, lomba ini memiliki 9 jenis kategori, baik Kabupaten maupun Kota, diantaranya Lomba pelaksana terbaik tertib administrasi PKK, lomba terbaik pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta dan kasih sayang dalam keluarga, lomba pelaksanaan terbaik kelompok UP2K PKK, lomba pemanfaatan HATINYA PKK (Halam Asri Teratur Indah dan Nyaman), lomba pelaksana terbaik IVA test, lomba pelaksana terbaik kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan, lomba pelaksana terbaik posyandu, lomba pelaksana terbaik perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di rumah tangga, dan yang terkahir lomba pelaksana terbaik lingkungan hidup bersih dan sehat. (Adv/balipost)

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.