BOJONEGORO, BALIPOST.com – Ratusan warga di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menggelar pesta rakyat rebutan gunungan buah belimbing setinggi 6 meter. Tradisi unik yang digelar setahun sekali ini merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas hasil panen yang berlimpah.

Pesta rakyat yang dikemas dalam bentuk Festival Belimbing ini digelar warga Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro. Rangkaian kegiatan diawali dengan arak-arakan gunungan belimbing raksasa setinggi enam meter keliling kampung.

Setelahnya, sebanyak 4 gunungan belimbing seberat 1,2 ton ini dibawa menuju lapangan desa untuk didoakan secara bersama-sama dipimpin sesepuh desa setempat. Usai doa, gunungan belimbing ini langsung menjadi rebutan warga yang sudah menunggu lama sejak pagi.

Ratusan warga secara serentak menyerbu gunungan belimbing yang tersusun rapi bersama aneka macam palawija hasil produk asli lokal desa, seperti singkong dan sayur-sayuran. Uniknya, prosesi ritual ini tidak hanya melibatkan para orang tua, melainkan juga diikuti puluhan anak-anak. Mereka rela saling berdesakan demi mendapatkan buah blimbing, yang terkenal memiliki rasa segar, manis dan asam.

Meski harus berebutan, namun kegiatan ini disambut gembira warga sekitar. Warga mengaku antusias dan senang mengikuti pesta rakyat ini.

Baca juga:  Terancam Punah, Buleleng akan Genjot Komoditi Belimbing

Fatimah, salah satu warga, mengaku bersyukur buah belimbing yang mereka budidayakan sejak tujuh tahun lalu tumbuh subur dan bahkan menghasilkan panen yang berlimpah sehingga mampu menopang ekonomi keluarga.

Sementara terkait kegiatan ini, Kepala Desa Ngringinrejo, Syafi’i menuturkan bahwa Festival Belimbing ini digelar tiap tahun. Tahun ini adalah tahun yang keempat dengan harapan membangkitkan semangat warga untuk membudidayakan buah belimbing di atas lahan yang dulunya kerap dilanda banjir.

Melalui kegiatan ini, diharapkan pula kebun belimbing di desanya mampu menjadi salah satu ikon wisata buah andalan di Bojonegoro. Selain sebagai wujud ungkapan rasa syukur kepada Tuhan, kegiatan ini juga digelar dalam rangka promosi budaya dan pariwisata desa memperingati hari jadi Kabupaten Bojonegoro yang ke-340.

Desa Ngringinrejo merupakan satu-satunya desa yang menjadi sentra penghasil buah blimbing di Kabupaten Bojonegoro. Di desa ini, hampir seluruh warganya adalah petani buah belimbing lokal dengan rasa daging buah yang khas, asam, manis, dan segar. (kmb/surabayatv)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.