Terminal 3 Bandara Soetta meraih penghargaan Best Airport of The Year. (BP/ist)
JAKARTA, BALIPOST.com – Bandara Internasional Soekarno-Hatta Terminal 3 Ultimate dinobatkan sebagai Best Airport Of The Year dalam ajang Bandara Awards 2017. Bandara Awards 2017 diselenggarakan oleh Majalah Bandara dihadiri Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta, Selasa (14/11).

Bandara Awards merupakan penghargaan atau apresiasi yang diberikan kepada pengelola bandara yang telah memberikan pelayanan terbaik terhadap pengguna jasa bandara. Apresiasi itu didasarkan atas survei langsung ke bandara-bandara di Indonesia yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, dan dari Miangas hingga Rote.

CEO Bandara Indonesia Group, penerbit Majalah Bandara, Wita Anggraini mengemukakan, tahun ini tim melakukan survei di 106 bandara. Perjalanan survei dimulai dari bulan April hingga Agustus 2017. Survei tersebut dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada penumpang yang akan melakukan perjalanan di terminal keberangkatan.

Penilaian selain dari hasil survei juga dinilai langsung oleh juri-juri yang berkompeten dalam bidangnya, yaitu Herry Bakti S. Gumay sebagai Ketua Dewan Juri, Bintang Hidayat, Tengku Burhanuddin, Dudi Sudibyo, Ninok Leksono, Olivia Zalianti, Erwin Nurdin, dan Otong Rukmana. Sedangkan juri kehormatan adalah Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso dan Deputi Pengembangan Pasar Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti.

Baca juga:  Karyawan Finance Ingin Bertemu Putri Raja Salman

Ada beberapa hal yang berbeda di Bandara Awards 2017 ini. Yang pertama, banyak bandara baru yang ikut disurvei, khususnya di kategori UPBU Kelas 3. Agar tidak bias, kategori ini dipecah menjadi UPBU Kelas 3 yang melayani penerbangan komersial dan UPBU Kelas 3 yang melayani penerbangan perintis.

Sehingga total, ada enam kategori sesuai dengan kelasnya, yaitu PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, UPBU Kelas 1, UPBU Kelas 2, UPBU Kelas 3 yang melayani penerbangan komersial, dan UPBU Kelas 3 yang melayani penerbangan perintis dan Satpel.

Menurut Wita, Majalah Bandara memutuskan untuk memberikan penghargaan “UPBU Best Airport 2017” kepada satu bandara UPBU terbaik yang diraih oleh Bandara Mutiara SIS Al Jufri, Palu. Selain itu, bandara yang telah disurvei dapat mengetahui urutan penilaian dari 106 peserta Bandara Awards. Selain itu juga diberikan apresiasi kepada bandara-bandara yang masuk ke peringkat 50 besar.

Bandara Awards tahun ini juga memberikan penghargaan khusus kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Bandar Udara Miangas yang berada di pulau terluar dan berbatasan langsung dengan Filipina. (Nikson/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.