Anggur. (BP/dok)
DENPASAR, BALIPOST.com – Buah anggur merupakan bahan utama dalam proses pembuatan wine. Terlepas dari wine, anggur juga dipercaya mengandung berbagai macam zat gizi dan vitamin yang baik untuk kesehatan serta kulit.

Dikutip dari food.ndtv.com, anggur yang pertama kali dijadikan tanaman perkebunan di Timur Tengah ini memiliki 7 manfaat utama bagi kesehatan dan kulit. Berikut manfaatnya :

1. Kaya Antioksidan

Anggur kaya akan antioksidan, salah satunya mengandung beragam fitonutrien, dari karoten hingga polifenol. Sebuah studi mengungkapkan bahwa fitonutrien pada anggur bisa membantu mencegah jenis kanker tertentu dan membantu menjaga kesehatan jantung.

Kandungan polifenolnya dapat melebarkan pembuluh darah yang berguna memudahkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah. Kandungan antioksidan pada anggur terdapat di biji dan kulitnya.

2. Cegah masalah kulit

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh tim di University of California, Los Angeles (UCLA), resveratrol, bila dikombinasikan dengan obat jerawat umum benzoyl peroxide, bisa digunakan untuk mencegah masalah kulit seperti jerawat.

3. Kaya potasium

Nutrisi anggur juga mengandung potasium. Konsumsi potasium yang lebih banyak dibandingkan sodium akan membantu tubuh dalam berbagai cara.

Diet rendah sodium dan kaya potasium telah dibuktikan mampu menanggulangi tekanan darah tinggi, kolesterol, dan penyakit jantung dalam berbagai kasus. Bahkan menurut seorang ahli penyakit gastronomis, Robynne Chutkan, perut buncit akan menimbulkan beragam penyakit. Dengan mengurangi jumlah garam yang dikonsumsi dan fokus pada serat yang kaya potasium akan menghasilkan perut rata.

Baca juga:  Ternyata, Durian Bikin Awet Muda

4. Bagus untuk mata

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Miami, Florida, anggur baik untuk kesehatan mata dari perubahan sinyal pada tingkat sel untuk langsung melawan stres oksidatif.

5. Meningkatkan daya otak

Beberapa penelitian menemukan bahwa resveratrol membantu meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga bisa membantu mempercepat respons mental dan terbukti bermanfaat bagi mereka yang menderita penyakit terkait otak seperti Alzheimer.
Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Swiss juga menemukan bahwa resveratrol dapat membantu menghilangkan plak dan radikal bebas, yang mempengaruhi otak.

6. Membantu meredakan nyeri lutut

Sebuah studi yang dilakukan oleh Texas Woman’s University telah menetapkan bahwa asupan anggur setiap hari dapat membantu mendapatkan bantuan dari nyeri lutut, terutama yang dipicu karena gejala osteoartritis.

Anggur tinggi pada antioksidan, yang paling penting dan bermanfaat adalah polifenol, yang membantu meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas

7. Anti inflamasi

Anggur mengandung enzim tertentu yang menyebabkan anti inflamasi yang mempengaruhi tubuh kita. Dengan demikian, hal itu membawa kelegaan pada arteri, meningkatkan kesehatan jantung dan membantu fungsi perbaikan tubuh lainnya. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.