festival
Wabup Tabanan saat membuka festival Kerambitan. (BP/bit)
TABANAN, BALIPOST.com – Penampilan alat musik kesenian okokan dan tektekan menjadi pertanda dibukanya festival Kerambitan yang dipusatkan di Puri Agung Kerambitan. Festival yang ketiga kalinya ini mendapat antusias yang luar biasa dari masyarakat setempat. Kamis (19/10), festivial dibuka Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya.

Hadir dalam acara pembukaan, Raja Puri Agung Kerambitan Ida Anglurah Kerambitan XII, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati yang tidak lain tokoh Puri Ubud, Gianyar, serta tokoh adat dan masyarakat setempat.

Festival Kerambitan juga digelar untuk memeriahkan peringatan HUT Kota Tabanan Ke-524 ini mengambil tema Desa Mawa Cara. Semangat yang diusung adalah menggali segala potensi, keunikan, dan kekhasan yang ada pada 15 desa dinas di Kecamatan Kerambitan.

Wakil Bupati Sanjaya sangat mengapresiasi pelaksanaan Festival Kerambitan serta Pesta Rakyat yang berlangsung di kecamatan lainnya di Kabupaten Tabanan. Selain sebagai hiburan bagi masyarakat, kegiatan ini diharapkan bisa menjadi media pelestarian seni dan budaya serta upaya mengangkat potensi wilayah.

Baca juga:  Tradisi Tektekan, Awalnya Untuk Atasi Gerubug Kini Jadi Atraksi Budaya

“Saya berharap semua komponen masyarakat Kerambitan dapat terus mendukung program-program pembangunan baik di tingkat kecamatan maupun kabupaten sehingga dapat mewujudkan Tabanan Serasi,” tandasnya.

Festival Kerambitan berlangsung sampai dengan Minggu (22/10). Kegiatan ini akan diwarnai dengan berbagai aktivitas seni, budaya, olahraga. Semua kegiatan sebagian besar akan dipusatkan di Lapangan Kerambitan.

Aktivitas seni dan budaya akan mendominasi pelaksanaan kegiatan ini dengan diadakannya pementasan okokan dan tektekan, pengobatan sekala niskala, lomba tari Jauk Manis, lomba Mekendang Tunggal, Nguling massal, Dolanan, pementasan musik oleh Joni Agung & Double T, Dek Ulik, Anak Angin, dan beberapa kegiatan budaya lainnya. Sedangkan di bidang olahraga, festival ini akan diramaikan dengan USA Adventure 3. (Puspawati/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.