DENPASAR, BALIPOST.com – Pemerintah diminta untuk meningkatkan anggaran bencana menyusul naiknya status Gunung Agung ke level IV atau awas. Sejauh ini, berdasarkan data yanh dihimpun Pusdalops BPBD Bali hingga Sabtu (23/9) siang, tercatat ada 15.142 jiwa pengungsi yang tersebar di 125 titik pengungsian.

“Kami mengimbau pemerintah agar meningkatkan anggaran bencana alam menjadi maksimal. Kemudian anak-anak di pengungsian supaya tetap bisa bersekolah di sekolah terdekat. Diperhatikan juga dukungan kesehatan kepada para pengungsi,” ujar Sekretaris DPD Golkar Bali, I Nyoman Sugawa Korry usai menggelar rapat pengurus harian DPD Golkar Bali dengan DPD kabupaten/kota se-Bali, Sabtu (23/9).

Menurut Sugawa Korry, para pengurus sepakat membentuk Posko Peduli Gunung Agung Partai Golkar. Antaralain, Posko Induk atau pengendali di Kantor DPD Golkar Bali, posko terdepan di Karangasem, Buleleng, Klungkung, dan Bangli, serta posko pendukung di Gianyar, Denpasar, Badung, Tabanan, dan Jembrana.

Baca juga:  Pemkab Belum Keluarkan Dana Tanggap Bencana Tangani Pengungsi

“Posko bertugas mengkoordinasikan bantuan bersama pemerintah kepada masyarakat yang terkena dampak bencana. Termasuk menggalang dukungan bantuan dari kader dan masyarakat, menyiapkan lokasi penampungan, dan mengkoordinasikan bantuan medis,” jelasnya.

Sugawa Korry menambahkan, untuk tahap pertama sudah mampu menggalang bantuan Rp 120 juta. Termasuk bantuan sebesar Rp 20 juta dari Sekjen DPP Golkar, Idrus Marham. (Rindra Devita/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.