Pisang, salah satu makanan yang tidak dianjurkan dimakan saat perut kosong. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Perut yang kosong dan rasa lapar terkadang membuat seseorang langsung menyantap apa saja yang ada. Padahal, ada beberapa jenis makanan yang tidak baik disantap saat perut kosong.

Jika Anda nekat mengonsumsinya, bisa timbul gangguan pencernaan. Berikut ini beberapa jenis makanan yang tak disarankan untuk dikonsumsi bila perut sedang kosong :

1. Buah pisang

Kandungan magnesium yang tinggi pada buah pisang kurang baik bagi perut yang kosong. Ini akan membuat penyerapannya menjadi lebih cepat, dan kadar magnesium jadi tinggi dalam darah Anda. Akibatnya bisa buruk bagi kesehatan jantung.

Baca juga:  Kimia Farma Berbagi Kasih dengan Pengungsi Gunung Agung

2. Makanan manis

Sejatinya, makanan manis dan tinggi gula tak disarankan bagi perut yang kosong. Ini bisa memicu naiknya kadar insulin, dan membuat pankreas bekerja keras. Efek jangka panjangnya adalah resiko penyakit diabetes akan meningkat.

3. Tomat

Kandungan asam tannic pada tomat dapat memicu penyakit tukak lambung jika Anda konsumsi saat perut kosong. Sebaiknya hindari dulu minum jus tomat atau makan buah tomat apabila Anda belum makan makanan lain.

Baca juga:  Ini, 10 Makanan yang Rentan Sebabkan Keracunan

4. Soda

Minum soda pun tak dianjurkan bagi perut yang sedang kosong, karena dapat membuat kerja pencernaan terganggu. Sirkulasi darah di perut juga terganggu, dan membuat lapisan lendir jadi rusak.

5. Makanan pedas

Jika Anda mengonsumsi makanan pedas saat perut masih kosong maka dapat merangsang kerja sistem pencernan untuk mengeluarkan asam lebih banyak. Ini akan membuat perut sakit dan kembung.

Baca juga:  Ini, Manfaat Antioksidan bagi Tubuh

6. Yoghurt

Walau ini adalah minuman sehat, akan tetapi saat diminum dalam kondisi perut kosong dapat membuat asam klorida yang disekresi di perut membahayakan pencernaan. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *