Keluarga almarhum Nyoman Gunarsa membawa jenazah yang tiba dengan ambulance, Minggu (10/9). (BP/sos)
SEMARAPURA, BALIPOST.com – Nyoman Gunarsa akan diaben pada 30 September. Kepastian ini diungkapkan anak Gunarsa, I Gede Artison Andarawata, Minggu (10/9).

Menurut pria yang akrab disapa Sony ini, setelah menanyakan hari baik ke Griya Batu Tabih, Desa Takmung, Banjarangkan, Gunarsa akan diaben pada Sabtu (30/9). Sebelumnya, Jumat (29/9) akan digelar upacara nyiramin.

Gunarsa meninggal di RSUP Sanglah pada Minggu siang, sekitar pukul 11.15 Wita. Kasubag Humas RSUP Sanglah, I Dewa Ketut Kresna mengungkapkan, Gunarsa merupakan pasien rawat jalan RSUP Sanglah. Ia kerap melakukan kontrol ke Wing Amertha RSUP Sanglah bersama istrinya. “Pak Gunarsa memang pasien sejak lama, ke RSUP Sanglah sudah berulang-ulang,” ujarnya.

Namun pada Kamis (7/9), Gunarsa datang dengan keluhan panas. “Tapi karena beliau punya riwayat jantung dan ginjal juga makanya dirawat oleh tiga dokter spesialis, yaitu spesialis jantung, ginjal, dan intent,” ungkapnya.

Baca juga:  Maestro Lukis Nyoman Gunarsa Berpulang
Gunarsa juga pernah menjalani operasi pemasangan ring jantung di RSUP Sanglah. Menjelang kepergiannya, pada Minggu pagi pukul 10.00 Wita, Gunarsa mengalami sesak nafas. Tim medis pun segera memasangkan alat EKG (ecocardiografi) dan dikonsulkan ke semua dokter spesialis yang menanganinya.

Namun pukul 11.15, Gunarsa menghembuskan nafas terakhirnya. Jenazah dipulangkan ke Klungkung pukul 13.45 Wita.

Sebelum kepergiannya, sang istri, Indrawati yang ditemui di rumah duka Dusun Banda, Desa Takmung, Klungkung, menuturkan Gunarsa menginginkan agar semua presiden di Indonesia bisa bersatu. Bahkan soal keinginannya yang satu ini, dituangkan juga dalam bentuk lukisan. Menurut Indrawati, lukisan yang berisi seluruh presiden di Indonesia itu merupakan lukisan terakhirnya, sebelum Gunarsa sakit.

Tak hanya itu, Gunarsa yang merupakan maestro lukis ini juga menginginkan agar keluarga dan warga bisa melestarikan seni. (Sosiawan/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.