beringin
Pohon beringin yang tumbang akibat diterjang angina kencang. (BP/ina)
BANGLI, BALIPOST.com – Angin kencang yang sempat menerjang wilayah Desa Kayubihi, Bangli, Kamis sore (7/9), mengakibatkan sebuah pohon beringin tua yang ada di sekitar Pura Dalem Prajapati Desa Pakraman Kayubihi tumbang dan menimpa bale pawedaan di pura setempat.

Perbekel Desa Kayubihi Ketut Widiana menuturkan Jumat (8/9), angin berhembus cukup kencang sekitar pukul 15.00 wita. Hal itu menyebabkan pohon beringin tua yang ada di sekitar pura tumbang hingga tercabut sampai ke akar-akarnya. Batang pohon dengan diameter besar itu lantas menimpa sebuah bangunan bale pawedaan yang ada didekatnya hingga rusak.

Widiana mengatakan, pohon tersebut usianya sudah sangat tua. Diperkirakan mencapai ratusan tahun. “Pasca kejadian itu, tadi pagi sudah dilaksanakan upacara di pura setempat. Dan, batang pohon beringin yang tumbang juga sudah dibersihkan,” terangnya.

Baca juga:  Tiang Listrik Tumbang di Karangasem Nyaris Merengut Korban Jiwa

Sementara Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Bangli Ketut Agus Sutapa mengatakan, angin kencang menerjang wilayah Kelurahan Kubu ke utara. Hembusan angin kencang berlangsung selama sekitar lima menit pada pukul 15.00 wita. Terkait angin kencang itu, pihaknya mengaku sempat menghubungi BMKG. Namun dari radar BMKG, tidak terpantau ada angin kencang di wilayah Bangli. “Dari radar BMKG, terpantau normal,” ujarnya.

Mengenai dampak angin kencang tersebut, Agus mengatakan dari pantauannya hanya mengakibatkan pohon tumbang di Pura Dalem di Kayubihi. Sementara di tempat lainnya terpantau nihil. (dayu rina/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.