Nelayan
Nelayan bersama pelaku wisata dan TNI AL menggelar apel Kemerdekaan RI ke 72 Kamis (17/8) di tempi pantai di Desa Sumberkima, Kecamatan Gerokgak. (mudiarta/balipost)
SINGARAJA, BALIPOST.com – Perayaan Kemerekaan RI ke 72 di Desa Sumberkima, Kecamatan Gerobak, Kamis (17/8), berlangsung khusuk. Nelayan yang saban hari menggeluti budidaya ikan dan anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kima Bahari yang setiap hari mengantarkan wisatawan untuk snorkeling dengan seadanya menggelar upacara di pinggir pantai.

Tidak saja nelayan, pelaku pariwisata dan pelajar, epel ini diikuti oleh anggota TNI AL (Angkatan Laut) yang bertugas di perairan di Buleleng barat dan perwakilan instanasi terkait lainnya.

Seorang pengurus Pokdarwis Kima Bahari Wayan Sarira mengatakan, apel ini selain menggugah nasionalisme di kalangan masyarakat bawah, momentum untuk mengugah kesadaran dan kepedulian warga untuk menjaga lingkungan pantai yang mulai berkembang menjadi daerah tujuan pariwisata di Buleleng barat.

Baca juga:  Jasad Bayi Dalam Priuk Ditemukan di Pantai Hepi

“Meski apel seadanya, tapi ini memontum bagi kami untuk menggugah kesadaran semua warga di sini terkait nasionalisme dan di masa kemerdekaan ini bagaimana mereka juga peduli dan sadar untuk terus menjaga kawasan ini yang mulai dikunjungi wisatawan,” jelasnya.

Sementara itu, di kabupaten, apel dipusatkan di lapangan Taman Kota singaraja dengan inspektur upacara Wakil Bupati dr. Nyoman Sutjidra, Sp.OG. Apel ini diikuti oleh pelajar, mahasiswa, PNS, dan TNI/Polri serta komponen amsyarakat lainnya. Usai apel, rombongan Muspida Buleleng menyaksikan lomba panjat pinang di lapangan Bhuana Patra, Singaraja. (mudiarta/balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.