TABANAN, BALIPOST.com – Sekitar 1000 tukik dilepas di Pantai Pengasahan, Desa Lalanglinggah, Selbar, Tabanan, Jumat (11/8). Pelepasan ini selain untuk melestarikan keberadaan penyu yang semakin langka juga menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-72.

Ketua panitia yang juga Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Made Subagia, mengatakan kegiatan pelepasan tukik ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Hingga tahun ini total tukik yang dilepas berjumlah 5000 ekor tukik.

Asisten II Kabupaten Tabanan I Wayan Miarsana mengatakan kegiatan pelestarian penyu ini harus terus dilakukan karena keberadaannya yang sudah mulai punah. Selain tidak merusak sarang dan menjual telur Penyu, masyarakat diharapkan senantiasa menjaga kebersihan pantai.

Baca juga:  Bupati Jembrana Harapkan Program CSR Tepat Sasaran

Sebab, populasi penyu sangat dipengaruhi oleh sampah yang dibuang ke laut. “Sampah di laut selalu jadi masalah bagi penyu. Kemunculan plastik yang meningkat dan berakhir di pantai akan berdampak pada hewan yang menghuni lautan dan menelan sampah ini. Oleh karena itu mari kita bersama-sama menjaga ekosistem laut/pantai,” imbuhnya. (Wira Sanjiwani/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.