Wayan Sugatra. (BP/bit)
TABANAN, BALIPOST.com – Ada empat pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Tabanan yang sudah dan akan pensiun di tahun 2017 ini. Untuk pengisian jabatan eselon II tersebut, harus melalui proses assesmen melibatkan tim seleksi yang dibentuk bupati. Sayangnya sampai saat ini proses seleksi oleh Pansel terkesan ‘saru gremeng’.

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tabanan selaku pihak yang punya tanggung jawab untuk pengisian jabatan selalu berdalih masih dalam proses. Kepala BKD, I Wayan Sugatra justru menyarankan agar mengkonfirmasi hal ini dengan Sekda Tabanan selaku ketua Pansel. “Tanya langsung ke pak sekda ya,” ucapnya ketika dikonfirmasi.

Mantan Kadis DKP ini hanya menyampaikan tim panitia seleksi untuk perekrutan pejabat yang mengisi jabatan yang kosong sebenarnya sudah ada sejak Juni lalu. Namun sampai saat ini memang belum ada perintah lebih lanjut untuk melakukan proses seleksi. “Panitia seleksi sudah terbentuk, tapi belum ada kejelasan proses kelanjutannya,” ucap Sugatra.

Lanjut dikatakannya, pihaknya di BKD sudah berproses termasuk menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dan

kini hanya tinggal menunggu instruksi Bupati untuk menggelar seleksi pengisian jabatan yang lowong.

Baca juga:  Arsipnya Ikut Terbakar saat Gedung Biro Hukum Pemprov Bali Kebakaran, Tabanan Kirim Ulang 14 Ranperda

Kemungkinan akan ada mutasi terlebih dahulu, namun Sugatra mengaku belum mengetahui pasti hal tersebut. Pihaknya hanya tetap menyiapkan berbagai kelengkapan administrasi karena waktu yang tersedia sekitar tiga bulan sejak proses dimulai.

Sebelumnya tim pansel yang terdiri dari kalangan akademisi, tokoh masyarakat, dari KASN diketuai Sekkab dan Kepala BKD selaku sekretrasis telah sempat menggelar rapat pada 14 Juni. Namun sampai kini belum ada tindak lanjut untuk proses lelang jabatan tersebut.

Belakangan muncul wacana akan melakukan mutasi terlebih dulu untuk mengisi jabatan yang kosong yang tergolong jabatan favorit seperti Kadis PU, Perindag dan Pendidikan serta asisten III. Sementara nantinya jabatan yang lowong baru dilakukan seleksi untuk pengisiannya.

Mulai Selasa (1/8) ada dua pejabat yang resmi memasuki masa pensiun. Keduanya adalah Kepala Dinas Perindustrian dan perdagangan (Perindag) IB Made Wiryawan dan Asisten III Bidang Administrasi dan Keuangan Setda Tabanan Tjok Alit Juli. Dengan demikian saat ini ada tiga jabatan eselon II yang kosong dan per 1 September mendatang giliran Kadis Pendidikan I Wayan Adnyana yang memasuki masa pensiun. (Puspawati/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.