SINGARAJA, BALIPOST.com – Aktivitas bongkar muat barang di Pusat Pendaratan Ikan (PPI) Dusun Pabean, Desa Sangsit, Kecamatan Sawan, Sabtu (1/7) masih tampak sepi. Tak satupun kapal pengangkut ikan dari Supekan, Madura, Jawa Timur (Jatim) sandar di dermaga PPI.

Tutupnya PPI Sangsit ini diperkirakan akan berakhir pada Senin (3/7). Sementara itu, jajaran kepolisian di Bali Utara menjaga ketat masuknya kapal ikan yang juga mengangkut penumpang yang balik ke perantauan di beberapa daerah di Bali selatan.

Salah seorang warga menuturkan, sejak libur Idul Fitri PPI ditutup karena libur cuti bersama. Sejak libur itu, tak satupun kapal ikan sandar di PPI.

Dari pengalaman saat Lebaran tahun sebelumnya, kapal akan kembali sandar di PPI setelah libur hari raya usai. Diperkirakan kapal akan kembali berlayar mulai Senin (3/7).

Kapal ikan tersebut selain mengangkut ikan, dipastikan akan mengangkut penumpang yang akan kembali ke tempat bekerja di beberapa daerah di Bali selatan dan sekitarnya. “Belum ada kapal sejak libur learan. Mungkin Senin (3/7) nanti baru ada karena perusahaan di sana (Madura-red), akan kembali mengirim ikan ke Bali lewat PPI,” jelas warga tadi.

Baca juga:  Perceraian Banyuwangi Duduki Peringkat Tiga di Jatim

Di hubungi terpisah Kepala Sastuan (Kasat) Polisi Perairan (Polair) AKP Putu Ariyana seizin Kapolres Buleleng AKBP Made Suka Wijaya mengatakan, memasuki arus balik pasca Lebaran, pelayaran dari Madura ke PPI Sangsit akan diawasi ketat sesuai perintah pimpinan. Setiap kapal ikan yang masuk ke PPI akan diperiksa mulai dari izin pelayaran dan dokumen barang yang diangkut.

Selain itu, penumpang yang ikut dalam pelayaran kapal barang juga menjadi fokus pengamanan oleh jajaran kepolisian di Bali Utara. Khusus penumpang, jajaran kepolisian akan memeriksa identitas untuk mengantisipasi masuknya penduduk pendatang (duktang) tanpa identitas yang jelas.

Di samping itu, barang bawaan penumpang akan diperiksa untuk mengantisipasi barang bawaan berbahaya yang masuk ke Bali. “Memang kapal belum ada yang tiba di PPI, nanti kalau ada kita bekerjasama dengan personel intel Polres Buleleng dan jajaran Polsek Sawan melakukan pengawasan dan pengamanan baik kapal yang bongkar muat barang atau penumpang yang kembali ke tempat bekerja setelah lebaran berlalu,” tegasnya. (Mudiarta/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.