Suasana pelaksanaan rapat evaluasi dan monitoring tentang pemerintahan desa. (BP/ist)
SEMARAPURA, BALIPOST.com – Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta melaksanakan monitoring dan evaluasi untuk mengetahui dan mengontrol jalannya pemerintahan desa. Wabup Kasta menyampaikan apapun kegiatan yang dilaksanakan di desa maupun di kelurahan perlu diawali dengan pembinaan dan pengawasan.

Terkait pelaksanaan pemerintahan desa yang sudah dapat berjalan dengan lancar, ternyata ada beberapa yang masih perlu mendapat pembinaan. Menurut Wabup Kasta monev bukan sekadar pemeriksaan semata, tetapi sebuah pembinaan dan pemahaman dalam penyelanggaraan pemerintahan desa.

Wabup Kasta saat melaksanakan monitoring dan evaluasi di Desa Manduang di Kecamatan Klungkung, Senin (15/5). Monev ini dilaksanakan di Desa Manduang dan Kelurahan Semarapura Kelod, Kecamatan Klungkung yang dipimpin langsung Wabup Kasta didampingi Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Ida Bagus Sudarsana, beserta tim monev lainnya. Monev diawali di Desa Manduang, tim diterima Perbekel Manduang Rai Adi Susanta beserta Para kaur, BPD dan LPM Desa.

Tim Monev melakukan pengecekan dan pembinaan di empat bidang, yakni Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Bidang Kemasyarakatan, Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa dan Bidang Pemberdayaan Desa. Hal yang sama juga dilaksanakan di Kelurahan Semarapura Kelod. Tim diterima Lurah Semarapura Kelod, I Wayan Sukada beserta para kasi Kelurahan.

Sementara itu, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta selaku Ketua tim Monitoring, beserta tim monitoring dan evaluasi. Pada kesempatan tersebut tim memberikan pembinaan dan pengarahan, dalam pelaksanaan monitoring dan evaluasi bagi kaur, Lurah dan Prebekel desa. “Dengan adanya Undang- Undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa, Para Prebekel maupun Lurah perlu memahami tentang pelaksanaan Juklak Juknis dan aturan yang ada, namun apa yang sudah diperbuat terlaksana tahun sebelumnya sudah berjalan dengan baik,” jelasnya.

Baca juga:  Hadiri Karya Ngenteg Linggih, Wabup Kasta Ngayah Megambel 

Pihaknya berharap agar dengan menjalin komunikasi dan koordinasi para Lurah dan Prebekel mengetahui lebih jelas terkait mekanisme pengelolaan keuangan maupun penyelenggaraan pemerintahan dengan aturan-aturan yang ada.
“Dalam penggunaan anggaran, Wabup berharap bagi perangkat desa dan kelurahan agar terus belajar dan berkoordinasi dengan perangkat daerah terkait, sehingga apapun program yang dirancang dapat berjalan dengan lancar dan sesuai aturan.” Jangan sampai ada penggunaan anggaran di luar program kegiatan.” jelas Wabup Kasta.

Bagi para kaur, Kasi Kelurahan dan para Kaling diharapkan dalam kegiatan monitoring ini dimanfaatkan dengan sebaik – baiknya. Bila ada yang kurang paham agar ditanyakan kepada tim Monev. Selanjutnya hasil monitoring ini akan dilaksankan evaluasi besok di tingkat kecamatan Klungkung. acara ini sesuai jadwal akan dilaksanakan di empat Kecamatan yang ada di Klungkung. (Dewa Farendra/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.