DENPASAR, BALIPOST.com – Kantuk yang tak kunjung hilang di pagi hari tentunya akan menjadi persoalan jika kita memiliki banyak pekerjaan untuk diselesaikan. Beragam penyebab dari rasa kantuk yang mengganggu ini.

Mulai harus jaga malam karena ada anggota keluarga yang sakit, lembur karena pekerjaan, atau justru karena menderita insomnia. Agar tetap terjaga setelah kurang tidur di malam sebelumnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Dikutip dari Reader’s Digest, ini lima cara mengatasi kantuk yang sudah diuji secara ilmiah:

1. Berjemur matahari
Paparan sinar matahari membantu ritme sirkadian tubuh Anda secara alami. Bahkan sinar matahari lebih efektif dibandingkan paparan cahaya buatan dari lampu. “Sinar matahari memberi sinyal pada tubuh dan otak untuk lebih terjaga dari tidur,” ujar ahli tidur Richard Shane, Ph.D, pencipta metode Sleep Easily.

Berjemur di cahaya matahari selama lima hingga 10 menit dengan memejamkan mata akan “membangunkan” otak Anda dan mempersiapkannya untuk memulai hari. Studi juga membuktikan, menghirup udara segar memberi efek menyegarkan.

2. Hidupkan lampu
Meski tak seefektif berjemur sinar matahari, menghidupkan lampu akan membantu membuat kita terjaga. “Terapi cahaya yang dilakukan selama 20 menit ketika bangun tidur atau pada waktu tertentu di siang hari bisa sangat efektif,” ujar ahli tidur Michael Breus, PhD, penulis The Power of When.

Hal ini bisa dilakukan dengan menghidupkan lampu di rumah. “Ada bohlam lampu yang spesial dengan spektrum warna biru yang bisa membantu seseorang terjaga dari tidur. Aku menggunakannya di kamar mandi,” ucapnya.

Studi dari American Academy of Sleep Medicine menemukan bahwa cahaya lampu yang benderang di akhir malam sangat efektif membuat terjaga.

3. Menyetel lagu bertempo cepat
Alih-alih membiarkan diri terseret kesibukan harian dalam kondisi mengantuk, dengarkan saja musik berirama cepat. Anda pun bisa mendengarkan musik kesukaan itu sambil menggoyangkan badan.

Baca juga:  5 Penyebab Badan Lemas Saat Bangun Tidur

Dengan demikian kadar energi meningkat. “Suara menstimulasi sistem saraf Anda,” ujar Dr Shane.

Musik juga menstimulasi area di otak yang bertugas mencermati dan menyimpan memori, ungkap studi dari Standford University. Cara ini juga kabarnya ampuh untuk mengusir kantuk ketika Anda tengah berkendara. Namun, baiknya hindari mengendarai kendaraan bila sedang benar-benar mengantuk.

4. Basuh wajah dengan air dingin
Air hangat memberi efek menenangkan. Namun, air dingin adalah pilihan yang tepat bila Anda sangat mengantuk dan ingin segera terjaga.

Memercikkan air segar atau membasuh wajah bisa mengusir kantuk. “Itu merupakan stimulan bagi kulit dan sistem saraf. Inilah yang membangunkan Anda,” ujar Dr Shane.

Penelitian yang dilakukan University of Chicago menemukan, para partisipan yang membasuh wajah dengan air dingin menjadi lebih terjaga dan bisa menyelesaikan tugas dengan baik ketimbang mereka yang mencuci muka dengan air hangat. Alasannya, ketika terkena air dingin, tubuh melepas hormon seperti noradrenalin. Hormon inilah yang membuat tubuh dan otak terjaga.

5. Tarik nafas dalam-dalam
Studi dari Northwestern University menemukan, bernapas dalam mampu meningkatkan fungsi kognitif. Dr Shane mengatakan, bernapas dalam juga bisa mengenyahkan perasaan lelah serta memberi asupan energi.

Berusaha tetap terjaga ketika Anda sangat mengantuk menyebabkan tubuh stres. Dan ketika stres, napas cenderung menjadi pendek. “Bernapaslah sedikit lebih dalam dan perlahan dibandingkan biasanya. Napas akan menjadi lebih lancar dan nyaman. Sesi menenangkan ini sangat membantu mengatasi kelelahan,” ujar Dr Shane. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.