Siswa SMP Ikuti UNBK
Pendistribusian soal UN mendapat pengawalan aparat kepolisian pada Sabtu (29/4) di Jembrana. (BP/kmb)
NEGARA, BALIPOST.com – Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, Selasa (2/5), empat ribu siswa SMP sederajat se-Jembrana mengikuti Ujian Nasional. Lima SMP dan MTs mengikuti UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) diantaranya SMPN 1 Negara, SMPN 2 Negara, SMPN 4 Mendoyo, SMP Firdaus dan MTsN Negara.

Total siswa yang mengikuti pelaksanaan UNBK mencapai 1.149 siswa. Sedangkan sisanya atau sekitar 3.537 siswa mengikuti UN berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Jembrana, I Putu Eka Suarnama, mengatakan secara umum seluruh SMP sederajat di Jembrana siap mengikuti UN. Jadwal pelaksanaan UN hampir sama dengan UN SMA/SMK. Diawali dengan UNBK yang diikuti lima SMP sederajat, dimulai pukul 07.30 Wita dibagi tiga sesi. Masing-masing sesi mengambil waktu dua jam.

Baca juga:  UN SMP, Bangli Kekurangan Naskah Hingga Puluhan Sampul
Sedangkan UNKP menyusul dan secara serentak dimulai pukul 10.30 Wita dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pelaksanaan berlangsung selama empat hari, dimulai pada Selasa (2/5) dan terakhir pada Senin (8/5). Hanya hari Jumat yang tidak digunakan.

Disinggung pelaksanaan bertepatan dengan Hardiknas, Kadis menegaskan tetap akan digelar Upacara bendera. “Bertepatan dengan Hardiknas, besok tetap kita selenggarakan Upacara peringatan Hardiknas. Siswa-siswa yang tidak ikut UN kita libatkan,” tandas mantan Camat Melaya ini.

Selanjutnya untuk UNKP menurutnya dilakukan serentak dan soal sudah didistribusikan ke tiap Rayon. Dari 3.537 peserta UNKP itu diantaranya SMP Negeri sebanyak 2.786 orang, SMP swasta 153 peserta, MTs Negeri sebanyak 383 orang, MTs Swasta diikuti 213 orang dan SLB kelas IX ada dua peserta.

Soal sudah diterima sejak Sabtu lalu dan langsung ditempatkan ke Rayon-rayon yang tersebar. Soal UN tersebut diantaranya di Rayon I SMPN 1 Melaya, Rayon II di SMPN 2 Negara, Rayon III di SMPN 1 Negara dan Rayon IV di simpan di SMPN 3 Mendoyo. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.