BANGLI, BALIPOST.com – Karya Ngusaba Kedasa di Pura Ulun Danu Batur Kintamani yang telah berlangsung sejak dua minggu terakhir kasineb, Senin (24/4) hari ini. Sebelum Ida Bhatara kasineb, akan digelar beberapa prosesi yakni bakti pepranian, nuwek bagia pula kerti, praline sampian, bhakti peretingkeb dan mendem bagia pula kerti, yang akan dimulai pukul 14.30 wita.

Panitia Karya Ngusaba Kedasa Jero Wijaya mengatakan, bakti pepranian dilaksanakan sebagai wujud ucapan syukur karena rangkaian karya Ngusaba Kadasa telah berjalan dengan baik dan lancar. Selain diikuti krama Desa Adat Batur, prosesi bakti pepranian juga bakal diikuti sejumlah undangan yakni dari Pemprov Bali, Pemkab se-Bali, warga Tionghoa dan lainnya. “Dalam bakti pepranian nanti juga akan disampaikan piteket-piteket leluhur kepada krama,” jelasnya.

Baca juga:  Gubernur Akhirnya Bersurat ke Presiden Usulkan Revisi Perpres No.51 Tahun 2014

Jero Wijaya menyatakan selama karya ngusaba di Pura Ulun Danu Batur berlangsung arus lalu lintas menuju Pura Ulun Danu Batur ramai lancar. Lancarnya arus lalu lintas di Batur, kata Jero Wijaya berkat kesigapan dan pengaturan yang baik dari petugas dari Polres Bangli, Dishub, serta pecalang.

Hingga siang ini, Jero Wijaya mengatakan pemedek dari berbagai daerah masih terus berdatangan ke Pura Ulun Danu Batur untuk ngaturang bakti. “Jam 1 an nanti lebih ramai lagi karena mulai persiapan bakti pepranian,” katanya. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.