Kenali Gejala Tumor Otak
Ilustrasi. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Tidak ada yang tahu apa penyebab tumor otak. Ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan hal ini. Dikutip dari webmd.com, anak-anak yang terpapar radiasi di kepala kemungkinan terkena tumor otak lebih tinggi saat mereka dewasa.

Faktor umur juga menjadi salah faktor risiko. Orang yang berumur diantara 65 hingga 79 tahun lebih berisiko terdiagnosa menderita tumor otak.

Pusing atau sakit kepala tidak biasa, pada orang awam kerap dikaitkan dengan tumor otak. Padahal ada beberapa kondisi yang membuat gejala tumor otak tidak selalu diawali dengan pusing. “Kunci untuk mengetahui gejala tumor otak itu terletak pada lokasi (tumor itu berada),” kata dokter ahli bedah saraf dari Weill Cornell Brain and Spine Center, Amerika Serikat, Theodore Schwartz.

Ada tanda dan gejala yang umum pada seseorang yang mungkin mengarah ke tumor otak. Berikut gejala yang perlu diketahui :

1. Kejang
Terlepas dari tipe tumor, kejang merupakan salah satu tanda pertama dari tumor otak. Iritasi yang ditimbulkan dari tumor membuat sel saraf di otak tidak terkendali, sehingga menimbulkan gerakan abnormal atau menjadi kejang.

2. Sulit mengontrol wajah atau menelan
Saat Anda merasakan kesulitan saat mengambil kunci atau saat berjalan tiba-tiba sulit seimbang, waspada. Munculnya masalah keseimbangan pada tangan, lengan dan kaki bisa menjadi gejala tumor otak.

3. Mati rasa di beberapa bagian tubuh
Munculnya mati rasa di beberapa bagian tubuh atau wajah itu perlu diperhatikan. Terutama jika tumor tersebut hadir di saraf yang menghubungkan dengan tulang belakang.

4. Perubahan memori atau berpikir
Tumor di otak bisa mengubah perilaku atau cara berpikir. Selain itu, orang yang memiliki tumor di otak memiliki masalah mengingat beberapa hal ataupun merasa bingung akan sesuatu.

5. Mual
Bila mual atau perut tidak nyaman dan terjadi secara terus menerus tanpa penyebab jelas, mungkin saja itu tanda tumor otak.

6. Gangguan penglihatan
Penglihatan jadi blur, ganda, atau tidak bisa melihat bisa terkait dengan gejala tumor otak.

7. Pusing yang tidak biasa
Pusing adalah kondisi umum yang menyerang manusia. Lalu, bila sebagian besar dari kita sering mengasumsikan pusing tidak biasa sebagai tanda tumor otak, faktanya kondisi ini bukan indikator awal tumor otak. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.