Melasti Digelar Tiga Desa Pakraman
Melasti digelar tiga desa pakraman di Gianyar ke Pantai Masceti, Minggu (26/3). (BP/dar)
GIANYAR, BALIPOST.com – Melasti digelar tiga desa pakraman. Ketiganya, yakni Desa Pakraman Keramas, Desa Pakraman Medahan, Desa Pakraman Cucukan, yang melakukan pemelastian ke Pantai Masceti. Ribuan umat Hindu dari tiga desa pakraman itu, Minggu (26/3), melaksanakan kegiatan melasti terakhir menjelang perayaan Nyepi.

Melasti digelar tiga desa pakraman ini dimulai dari pagi. Puluhan jempana masing-masing desa pakraman sudah berkumpul di balai agung, Pura Desa masing-masing Desa Pakraman.

Selanjutnya pukul 12.00 wita, berjalan kaki menempuh sekitar 15 km, menuju Pantai Masceti. Ritual pemelastian dipuput Ida Pedanda Geria Manggis, Desa Keramas.

Baca juga:  Melasti Serangkaian Nyepi, Pantai Padanggalak Dipadati Umat Hindu
Menurut Bendesa Desa Pakraman Keramas, I Nyoman Puja Waisnawa, prosesi melasti tiga desa adat secara bersamaan ini merupakan tradisi yang telah dilakukan turun temurun. “Segala biaya yang timbul dari ritual ini ditanggung bersama,” katanya.

Selain melasti sebelum nyepi, di Kabupaten Gianyar juga ada pemelastian yang dilakukan oleh desa adat setelah Nyepi. Tradisi ini dilakukan oleh desa adat yang di kecamatan Blahbatuh, yang dikenal sebagai desa blahbatuh tua. (Agung Dharmada/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.