I Gusti Putu Ekayana. (BP/san)
TABANAN, BALIPOST.com – Data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Tabanan sudah diterima, Rabu (14/3). Penyaluran beras sejahtera (rastra) siap didistribusikan pada Maret ini.

Kepala Bagian Ekonomi Setda Kabupaten Tabanan, I Gusti Putu Ekayana, Kamis (15/3) mengatakan, dengan diterimanya data KPM by name by address ini, pihaknya berencana menggelar sosialisasi Jumat (16/3) ini. Adapun sosialiasasi yang diberikan mengenai pedoman Rastra dan validasi KPM. Dalam acara ini nantinya, akan ada penyerahan kartu KPM secara simbolis kepada tiga perwakilan KPM.

Ekayana memaparkan rencananya pembagian Rastra pada Maret ini dibagi dalam dua tahap yaitu Januari dan Maret. Tetapi, lanjut Ekayana, rencana ini bisa saja berubah mengingat Maret sudah masuk ke pertengahan dan tergantung kesiapan masing-masing desa. “Nanti di acara sosialiasi juga akan ditanyakan kesiapan desa. Jika siap maka akan didistribusikan dua Pagu sekaligus. Apabila belum siap maka hanya Pagu Maret yang didistribusikan,” ujarnya.

Baca juga:  Beras Merah Cendana Segera Miliki Spesies Baru
Jika sosialiasi berjalan lancar, rencananya Rasta akan mulai didistribusikan pada Senin (20/3). Lanjutnya, masing-masing desa memiliki kuota KPM. Apabila dalam data by name by adress KPM ini, terdapat warga yang dianggap mampu melalui validasi musyawarah desa, bisa digantikan warga lainnya.

Namun proses penggantian ini harus melalui berita acara. Penerima baru dimasukkan ke Daftar Penerima Manfaat 1 yang harus dilaporkan ke Kecamatan kemudian diteruskan ke Dinas Sosial Tabanan. (Wira Sanjiwani/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.