Ilustrasi kebakaran
GIANYAR, BALIPOST.com – Kebakaran terjadi di Pura Dalem, Banjar Angkling, Desa Bakbakan, Gianyar, Senin (13/3) malam. Api menghanguskan pelinggih pengaruman yang beratapkan ijuk. Akibat kejadian tersebut diperkiran kerugian sebesar Rp 150 Juta.

Kebakaran pertama kali diketahui Pande Nyoman Sutarga sekitar pukul 21.30 wita. Kala itu, dia sedang memasang batu sikat, pria 42 tahun ini melihat kepulan asap dari arah Pura Dalem, Banjar Angkling. Terkejut melihat besarnya kepulan asap ia pun langsung berteriak kebakaran, hingga puluhan warga berupaya mendekati lokasi serta membunyikan kulkul bulus.

Saat didekati ternyata api yang membesar sudah membakar salah satu atap pelinggih yang terbuat dari ijuk. Warga pun berupaya melakukan pemadaman, mengambil air menggunakan alat seadanya.

Sementara mangku Pura Dalem, Agung Aji Mangku mengungkapkan tidak tau persis kejadian seperti apa, ketika sampai di pura warga sudah ramai-ramai memadamkan api. “Api sudah melalap atap palinggih dari ijuk, dan mendapati krama sudah ramai,” ucapnya disela-sela proses pemadaman.

Baca juga:  Belajar dari Internet, Warga Desa Ini Bangun PAM Berbasis Kincir Air

Petugas Pemadam Kabupaten Gianyar berhasil memadamkan api sekitar pukul 23.00 wita. Selanjutnya krama ramai-ramai membersihkan puing-puing bekas kebakaran tersebut. “Kemungkinaan karena konsleitng listrik, Ada kabel yang terpasang untuk penerangan di Pengaruman, seperti itu yang korsleting,” imbuhnya.

Kapolsek Gianyar Kompol Adnan Pandibu mengatakan setelah dilakukan pemadaman polisi sudah mendatangai lokasi untuk melakukan olah TKP. Hasil penyelidikan sementara diduga kebakaran terjadi akibat konsleting aus listrik. ” Hasil lidik sementara kebakaran disebabkan korsleting listrik,” terangnya dikonfirmasi Selasa siang kemarin. (manik astajaya/balipost)

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.