KSPN
Suasana di Danau Batur, Bangli. (BP/dok)
BANGLI, BALIPOST.com – Pemerintah Kabupaten Bangli melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU), Tata Ruang, Perumahan dan Permukiman tahun ini kembali mengusulkan bantuan pengangkatan air Danau Batur ke Pusat. Pengangkatan ini dierlukan untuk konsumsi tiga desa di Kintamani.

Usulan kali ini, Pemkab menyertakan Detail Engineering Design (DED) sesuai petunjuk pusat. Anggaran yang ditelan untuk proyek tersebut, dirancang mencapai belasan miliar rupiah.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (PU), Tata Ruang, Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Bangli I Made Soma didampingi Kabid Cipta Karya Wayan Suarsana, Senin (13/3) mengatakan, usulan bantuan pengangkatan air Danau Batur untuk tiga desa, yakni Desa Suter, Abang Batu Dinding, dan Abang Songan. “Kalau tidak ada DED tidak bisa diterima sebagai usulan. Kami kembali mengajukan proposal dilengkapi DED. Dan sekarang proposalnya sudah maju,” terangnya.

Baca juga:  Relokasi Korban Longsor Kintamani, BNPB Mulai Survei Lokasi
Sebagaimana proposal yang telah diajukan, proyek pengangkatan air Danau Batur untuk tiga desa di Kintamani tersebut dirancang menelan anggaran mencapai Rp 15 miliar. Pengangkatan air danau dirancang menggunakan empat step pompa seperti pengangkatan air di sumber mata air pebini.

Nantinya air yang berhasil diangkat dengan pompa akan ditampung dalam bak penampungan untuk selanjutnya disalurkan ke penduduk. “Volume air yang diangkat 20 liter per detik,” jelasnya. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.