Disdik - Tidak lolos PPDB, Dinas Pendidikan Gianyar memastikan siswa tercecer tertampung di SMP Negeri. (BP/Wir)

GIANYAR, BALIPOST.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Gianyar telah menggelar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP dan tercatat 1.179 siswa tercecer atau tidak lolos dalam pelaksanaan PPDB SMP.

Dari 7672 siswa di Kabupaten Gianyar yang mengikuti PPDB Online yang lolos diterima di SMP Negeri hanya 6.332 siswa.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar, Wayan Mawa Rabu (10/7), mengatakan bahwa Disdik memastikan siswa yang tidak lolos dalam PPDB atau siswa tercecer akan ditampung di SMP Negeri yang lokasi berdekatan rumah orang tua atau memudahkan dari sisi transportasi. “Siswa tercecer akan di fasilitasi mendapatkan sekolah negeri dan memudahkan anak-anak dari sisi transportasi sehingga biaya operasional pendidikan bisa ditekan lebih kecil,” ucapnya.

Baca juga:  Pembunuh SPG juga Dibidik Kasus Perampokan

Ia menjelaskan, jalur pendaftaran PPDB sudah melalui lima tahapan meliputi jalur afirmasi 15 persen, Jalur perpindahan tugas orang tua paling banyak 5 persen, Jalur prestasi 15 persen, jalur zonasi 50 persen, dan jalur nilai rata- rata raport 15 persen. Peserta PPDB lebih banyak memilih sekolah favorit SMPN 1 Gianyar dengan kapasitas 10 kelas, SMPN 1 Blahbatuh dengan kapasitas 11 kelas dan SMPN 1 Sukawati dengan kapasitas 9 kelas. “Per kelas isiannya 32 orang,” ucapnya.

Baca juga:  Kebijakan Produk Lokal Gubernur Koster Inspirasi Hotel di Bali

Mawa memaparkan pengumuman hasil PPDB sudah bisa diketahui oleh para siswa Rabu (10/7), Sabtu (13/7) dipastikan semua siswa tercecer sudah tertampung di SMP Negeri atau SMP Swasta.

Disdik akan mendistribusikan siswa tercecer ini ke sekolah negeri sesuai daya tampung maksimal sekolah. “Senin (15/7) dipastikan semua siswa sudah bisa mengikuti MPLS di sekolah,” jelasnya.

Wayan Mawa menambahkan 1179 siswa tercecer telah 119 siswa telah mendaftar di SMP Swasta. Sebanyak 60 siswa diterima di SMP Genta Saraswati Gianyar, dan 59 siswa diterima di SMP Bali Hati Ubud. “Disdik berharap sekolah swasta juga menjadi sekolah favorit dan pilihan masyarakat sehingga berkontribusi untuk meningkatkan layanan pendidikan di Gianyar,” tegasnya. (Wirnaya/Balipost)

Baca juga:  Karena Ini Siswa di Desa Pecatu Tidak Lolos PPDB Sekolah Negeri

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *