Perdana Menteri India Narendra Modi (BP/Ant)

NEW DELHI, BALIPOST.com – Survei terhadap para pemilih yang baru selesai mencoblos di bilik suara (exit poll) pada Sabtu, mengisyaratkan aliansi Partai Bharatiya Janata pimpinan Perdana Menteri Narendra Modi menang dalam pemilihan umum tujuh tahap di India.

Survei exit poll tersebut memperkirakan lebih dari 350 dari 543 kursi parlemen India dimenangkan Aliansi Demokratik Nasional yang berkuasa. Namun, penghitungan resmi akan dilakukan pada 4 Juni.

Baca juga:  GOR Gunung Agung Jadi Gudang Logistik Pemilu 2024

Sementara itu, aliansi oposisi India, yang dipimpin Kongres Nasional India, diperkirakan memenangkan kurang dari 200 kursi pada pemilu ini.

Pemungutan suara untuk 57 daerah pemilihan parlemen terakhir diadakan pada Sabtu.

Komisi pemilu sebelumnya menyebutkan tahap terakhir ini menandai “penyelesaian besar maraton pemilu terbesar di dunia” yang dimulai pada 19 April.

Pemungutan suara telah dilakukan bagi 486 dari 543 kursi parlemen di seluruh negeri.

Baca juga:  Dari Hampir 2 Pekan Bali Catatkan Korban Jiwa COVID-19 hingga Puluhan Ribu Wisatawan Terdampar

Pemilu kali ini pada dasarnya merupakan pertarungan antara Aliansi Demokratik Nasional, pimpinan Partai Bharatiya Janata yang berkuasa, dengan aliansi oposisi INDIA.

Saat pemungutan suara berakhir pada Sabtu, aliansi oposisi mengaku mereka dapat memenangkan 295 kursi. Sementara partai Modi mengklaim telah meraih kemenangan lebih dari 370 kursi pada hasil 4 Juni nanti. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN