Petugas pasang garis polisi di TKP kebakaran. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Kebakaran terjadi di area Pura Bias Tugel, Pulau Peninsula Nusa Dua, Kuta Selatan (Kutsel), Minggu (12/5). Api yang melalap wantilan pura yang ada di kawasan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) itu pertama kali dilihat pengunjung.

Kapolsek Kutsel Kompol I Gusti Ngurah Yudistira, SH., MH. menjelaskan, peristiwa tersebut diinformasikan ke Koordinator Sopir Truk Sampah, I Wayan Sunarta, yang berada di Pulau Peninsula. Selanjutnya diteruskan ke Kepala Seksi Pemadam ITDC, Putu Suarnawa dan langsung menghubungi tim pemadam.

Baca juga:  Minimalkan Kontak dengan Pembeli, Pedagang di Nusa Dua akan Gunakan Cashless

“Tim pemadam tiba di tempat kejadian sekitar pukul 10.19 WITA dan segera melakukan upaya pemadaman. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 10.38 WITA dengan bantuan dua mobil pemadam,” ujarnya.

Bangunan wantilan tersebut berukuran 6×4 meter dan digunakan sebagai tempat penyimpanan sarana upakara, seperti terpal, wastra pelinggih, bajra, dulang serta tedung. Kerugian akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai Rp 300 juta, termasuk kerusakan pada seluruh sarana upakara dan bangunan wantilan.

Baca juga:  Berpotensi Tsunami dan Gempa, Nusa Dua Dipasangi WRS

Saat kebakaran terjadi tidak ada pemedek yang berada di dalam area Pura Bias Tugel karena pintu pagar masih dikunci gembok. “Penyebab pasti kebakaran ini masih belum diketahui dan menunggu pemeriksaan lebih lanjut dari Lab Forensik Denpasar,” ucapnya. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN