Panglima Komando Armada RI Laksamana Madya TNI Denih Hendrata (dua kanan) mengecek kesiapan pasukan dan alutsista saat apel gelar pasukan Latihan Operasi Laut Gabungan (Latopslagab) Tahun 2024 di Dermaga Madura Koarmada II, Ujung, Surabaya, Jawa Timur, Senin (6/5/2024). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Dalam rangka Latihan Operasi Laut Gabungan (Latopslagab) Tahun Anggaran 2024 di Laut Jawa dan Laut Bali pada 22–26 Mei 2024, Komando Armada (Koarmada) RI TNI Angkatan Laut menyiapkan sembilan kapal perang (KRI).

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) RI Laksamana Madya TNI Denih Hendrata mengecek langsung kesiapan kapal-kapal itu berikut alutsista lainnya dan pasukan yang terlibat dalam latihan tersebut.

“Dalam latihan operasi laut gabungan tahun ini akan dilaksanakan berbagai uji coba senjata. Penembakan itu merupakan salah satu wahana uji coba sistem senjata yg dimiliki oleh TNI Angkatan Laut sekaligus mengasah kemampuan tempur personel pengawak alutsista yang kita miliki,” kata Denih Hendrata dalam amanatnya saat memimpin apel gelar pasukan dan alutsista Latopslagab 2024 di Dermaga Madura Koarmada II, Ujung, Surabaya, Jawa Timur, Senin (6/5).

Baca juga:  Keramba di Danau Batur Lebihi Ambang Batas

Dikutip dari Kantor Berita Antara, Denih, selaku Direktur Latihan Latopslagab 2024, melanjutkan latihan operasi laut gabungan itu juga menjadi ajang untuk mengukur kemampuan sekaligus meningkatkan kesiapan tempur armada TNI Angkatan Laut.

Sembilan kapal perang yang terlibat dalam Latopslagab 2024 itu terdiri atas delapan kapal dari Komando Armada II dan satu kapal dari Komando Armada I. Delapan KRI dari Koarmada II itu mencakup KRI Raden Eddy Martadinata-331, KRI I Gusti Ngurah Rai-332, KRI Abdul Halim Perdanakusuma-332, KRI Sultan Hasanuddin-366, KRI Kapak-625, KRI Singa-651, KRI Yos Sudarso-353, dan kapal selam KRI Alugoro-405, kemudian satu kapal dari Armada I KRI Halasan-630.

Baca juga:  Lanal Denpasar Bersih-bersih Sungai dan Laut

Tidak hanya kapal-kapal perang, latihan itu juga melibatkan Helikopter HS 1303, Helikopter HS 1309, pesawat angkut CN-235 P-8306, kemudian pesawat nirawak (drone) Scan Eagle, TN-70, dan UT Monitoring.

Untuk pasukan yang terlibat dalam Latopslagab 2024, selain pengawak kapal perang,pesawat, dan senjata, juga ada prajurit dari Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmada II dan Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmada II.

Baca juga:  Jaga Keamanan Laut, Kerjasama Sangat Dibutuhkan

Terkait uji coba senjata selama Latopslagab 2024, TNI AL menyiapkan salah satunya KRI Halasan dari Satuan Kapal Cepat Koarmada I untuk menembakkan rudal Exocet MM40 Block 3. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN