BRI secara aktif mengambil peran untuk mendukung upaya pemerintah dalam mendorong kemajuan bangsa dengan memberikan pendidikan yang berkualitas bagi masyarakat. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Pendidikan memainkan peran penting dalam membentuk karakter, membuka pintu kesempatan, dan memberikan keterampilan yang diperlukan untuk sukses menghadapi persaingan global. Program Merdeka Belajar yang digulirkan pemerintah saat ini merupakan salah satu cara yang signifikan untuk memberikan hak yang sama kepada setiap anak dalam rangka mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

BRI secara aktif mengambil peran untuk mendukung upaya pemerintah dalam mendorong kemajuan bangsa dengan memberikan pendidikan yang berkualitas bagi masyarakat. Salah satu bukti nyata dukungan BRI yakni melalui Program BRI Peduli Ini Sekolahku yang hadir untuk meningkatkan kualitas fasilitas pendidikan di Indonesia.

Program ini membantu sekolah-sekolah di pedalaman dan perbatasan, dengan cara memperbaiki sarana prasarana fisik secara menyeluruh dan signifikan agar dapat digunakan oleh siswa dan guru dengan layak.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengungkapkan bahwa sejak dijalankan pada 2021, program ini telah berjalan di 37 lokasi di seluruh Indonesia, dengan bantuan berupa pembangunan dan renovasi infrastruktur sekolah, bantuan sarana pendidikan untuk para siswa serta sarana penunjang pendidikan untuk sekolah.

Baca juga:  RUPSLB, BRI Tegaskan Komitmen Terapkan Keuangan Berkelanjutan

“Dunia pendidikan menjadi salah satu sasaran program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BRI. Penyaluran program ini merupakan wujud nyata BRI mendukung terwujudnya pilar pembangunan dan tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan. Program ini diharapkan menjadi inisiator penopang, pemberdayaan masyarakat berbasis pendidikan di sekolah serta mampu mendorong pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia,” ungkapnya.

Selain itu, BRI Peduli Ini Sekolahku juga menjadi wujud imlementasi program berkelanjutan yang tertuang dalam Sustainability Development Goals (SGD’s) pilar 4 (empat) tentang kualitas pendidikan. Dengan demikian, pendidikan pada akhirnya bukan hanya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, namun dapat menghadirkan tumpuan dan kelanjutan hidup bangsa dan negara.

Baca juga:  BRI Berikan Fasilitas Kustodian ke BPD Bali

“Perseroan berharap program BRI Peduli Ini Sekolahku bisa menjadi motivasi dan pemantik semangat bagi pelajar untuk terus belajar dengan lingkungan sekolah yang nyaman dan bangunan yang layak serta memberikan solusi bagi ketersediaan infrastruktur sekolah yang lebih memadai sehingga akhirnya sekolah akan menciptakan SDM unggul bagi kemajuan bangsa,” imbuhnya.

Komitmen BRI

BRI Peduli Ini Sekolahku menyalurkan bantuan sarana prasarana penunjang pendidikan sekolah, serta pemberian sarana pendidikan untuk pelajar. Bantuan ini secara nyata mendukung berlangsungnya kegiatan belajar mengajar bagi parapelajari serta seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Salah satu contoh yang dialami oleh para siswa, guru dan komunitas sekolah di SDN 03 Kadupandak, di Dusun Cibogo, Desa Kadupandak, Kec. Tambaksari, Kab. Ciamis, Jawa Barat.  Yoyo Siswaya, Kepala Sekolah SDN O3 Kadupandak mengungkapan, sebelumnya, bangunan sekolah SDN 03 merupakan tidak layak untuk kegiatan belajar mengajar siswa karena beberapa bagian bangunan yang rusak.

Baca juga:  Sasar Perempuan Berhijab, Uniqlo Gandeng Ayudia C

Kondisi ini tentunya sangat berdampak pada kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut dan berdampak pada kelangsungan belajar mengajar siswa. “Dulu bangunan sekolah kami sangat kumuh, karena keadaannya rusak berat. Kami berupaya untuk memperbaiki sekolah ini sampai akhirnya bisa mendapatkan bantuan dari BRI Peduli”, ungkapnya.

Di SDN 03 Kadupandak, BRI Peduli Ini Sekolahku menyalurkan bantuan renovasi sekolah berupa  perbaikan bangunan dan sarana prasarana sekolah yang rusak, seperti kursi kelas, meja kelas, lemari kelas, dan bantuan peralatan pendukung lainnya.

“Sekarang kami sudah punya sekolah yang layak untuk kegiatan belajar. Kami mengucakpan terima kasih kepada BRI atas bantuan yang diberikan dan menjadi sekolah kami menjadi lebih baik dan memberikan kenyamanan bagi siswa/i,” ungkapnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *