Menkominfo, Budi Arie (kiri) didampingi Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang. (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Chief Executive Officer (CEO) Microsoft Satya Nadella akan mengunjungi Indonesia, menyusul CEO Apple Tim Cook. Hal ini disampaikan  Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Rabu (17/4).

Dikutip dari Kantor Berita Antara, Menkominfo mengatakan CEO Microsoft akan datang di akhir bulan ini. “Habis (CEO) Apple, akhir bulan Satya Nadella, (CEO) Microsoft,” kata Menkominfo Budi.

Baca juga:  Likuiditas Perekonomian Pada Maret 2023 Melambat

Budi Arie menjelaskan bahwa pemerintah juga mengupayakan kedatangan CEO Nvidia agar Indonesia menjadi salah satu rantai pasok teknologi dengan kunjungan berbagai perusahaan teknologi raksasa dunia itu.

CEO Apple Tim Cook baru saja menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, untuk membahas investasi perusahaan teknologi asal Amerika Serikat tersebut di Indonesia.

“Kita usahakan Jensen Huang NVidia juga ikut ke sini. Semua ‘big player’ IT dunia ada di Indonesia. Ini mencakup industrinya juga,” kata Budi Arie.

Baca juga:  Kolaborasi BRI dan Fintech Berikan Layanan Pembayaran Mudah dan Aman

Budi menegaskan pembahasan soal investasi Apple sebagai perusahaan raksasa teknologi terbesar asal AS tersebut dapat membuat Indonesia menjadi salah satu pemain dari rantai pasok dunia terhadap teknologi dan produk tersebut.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang menyatakan produksi ponsel (handphone) di Indonesia pada 2023 mencapai 49 juta unit, sedangkan impornya hanya sebesar 2,79 juta unit, yang sebanyak 85 persennya berasal dari produk Apple.

Baca juga:  Kredit UMKM Nasional Ditarget Rp1.800 Triliun, BRI Jadi Pemain Utama

Menurut Agus, Apple merupakan pendekatan yang unik agar pemerintah dapat menciptakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) demi memberikan nilai tambah untuk Negara.

“Oleh sebab itu kepentingan dari Indonesia tetap adalah menciptakan nilai tambahnya di Indonesia,” kata Agus. (kmb/balipost)

BAGIKAN