Kegiatan Pelatda IWBA Bali di Lapangan Padat Karya Sukasada. (BP/yud)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Sebanyak 21 atlet Woodball, atlet utama dan cadangan, mengikuti Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) di Lapangan Padat Karya, Kelurahan Sukasada, Buleleng. Mereka merupakan Kontingen Provinsi Bali pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut pada September 2024.

Puluhan atlet yang berasal dari 5 kabupaten/kota ini pun membuat simulasi pertandingan sesuai perlombaan di PON yang berstandar nasional. Ketua IWbA Buleleng, Sang Made Fernanda Iragraha, Minggu (14/4) menjelaskan kegiataan Pelatda kali ini terasa istimewa dengan menghadirkan 16 atlet sparing partner berasal dari Klungkung dan Buleleng.

Baca juga:  Pesepak Bola Porprov Disepakati U-21

Para atlet ini menurutnya digenjot secara fisik, teknik, mental, manajemen diri, dan manajemen berlomba oleh para pelatih sehingga makin optimal menuju puncaknya di Aceh nanti. “Kegiatan yang dilakukan dari 13-14 April ini tentunya akan mengasah kemampuan mereka. Di sini mereka tidak ada lagi namanya main-main ataupun bercanda. Karena kita simulasikan bagaimana perlombaan yang sesungguhnya di PON nantinya,” terang Fernanda.

Bahkan sebagai bentuk keseriusan Woodball Buleleng sebagai tuan rumah Training Center (TC) PON juga membuat desain lapangan berstandar nasional dengan panjang 750 meter. Lapangan ini dilengkapi dengan perangkat perlombaan seperti gate atau gawang berstandar nasional.

Baca juga:  Atlet PON Tetap Berlatih dan Melaporkan Kegiatannya

Pihaknya pun mengapresiasi langkah KONI Kabupate Buleleng yang merestui penggunaan lapangan Padat Karya digunakan sebagai TC Atlet PON pada Juni – Agustus 2024. “Kita bersyukur, dorongan dari KONI Buleleng sangat luar biasa. Kita diberikan restu menggunakan lapangan ini dan akan menambah sejumlah fasilitas, termasuk toilet nantinya,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Umum Koni Kabupaten Buleleng, Ketut Wiratmaja mengungkapkan KONI Kabupaten Buleleng selalu mendukung upaya yang dilakukan oleh seluruh Pengcab Olahraga yang muaranya untuk prestasi olahraga saat ini. Sebagai Cabor Pemegang Juara Umum pada Porprov Bali 2022 sudah sepantasnya atlet IWBA Buleleng dan Bali menunjukan prestasi terbaiknya di kancah nasional pada PON nanti.

Baca juga:  Workshop Pelatih PON Batal Digelar

Selain di Buleleng, Pelatda berikutnya dilakukan pada akhir April di Lapangan Renon, Kota Denpasar. Atlet dari Kabupaten Buleleng, Kota Denpasar, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Klungkung, dan Kabupaten Jembrana dipastikan akan berlatih kembali. (Nyoman Yudha/balipost)

BAGIKAN