Petugas membersihkan material pohon tumbang di Landih, Bangli pada Rabu (13/3). (BP/Istimewa)

BANGLI, BALIPOST.com – Angin kencang yang melanda wilayah Bangli, Rabu (13/3) menyebabkan pohon tumbang di beberapa titik. Salah satunya terjadi di Desa Landih. Pohon Beringin menimpa Pura Subak.

Berdasarkan laporan yang diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Bangli, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.00 WITA. Pohon tumbang menimpa bangunan pelinggih dan balai serbaguna di pura tersebut.

Berdasarkan hasil koordinasi pihak BPBD dengan perbekel setempat, penanganan pohon tumbang di Pura Subak itu akan dilakukan setelah dilaksanakan proses upacara. “Hari ini pihak pengempon pura berencana berembug dulu,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Damkar Kabupaten Bangli I Wayan Wardana.

Baca juga:  Puluhan Orang Meninggal Diterjang Badai

Selain di Landih, peristiwa pohon tumbang juga terjadi di Kelurahan Kubu. Pohon tumbang menimpa rumah warga hingga mengakibatkan bagian atap bangunan rusak berat.

Nihil korban jiwa dalam kejadian itu. Estimasi kerugian diperkirakan Rp 75 juta.

BPBD Damkar Bangli juga menerima laporan kejadian pohon tumbang di ruas Jalan Paket-Gunung Kunyit, Desa Kintamani. Kejadian itu berdampak pada terganggunya arus lalu lintas di ruas jalan tersebut.

Baca juga:  Seorang Warga Luka Terkena Runtuhan Garasi

Di Kecamatan Tembuku, pohon tumbang terjadi di dua titik. Yakni di ruas jalan Bangbang-Undisan, Desa Bangbang dan di ruas jalan Metra Kaja-Kalanganyar Desa Yangapi. Pohon tumbang yang melintang ke jalan menyebabkan arus lalu lintas sempat terganggu hingga harus dialihkan sementara.

Wardana pun mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap potensi bencana akibat cuaca ekstrem angin kencang. “Kami imbau masyarakat selalu waspada dan berhati-hati terutama ketika melewati jalanan yang terdapat pohon yang besar dan lebat,” kata Wardana. (Dayu Swasrina/balipost)

Baca juga:  Pramuka Tetap Menjadi Ekstrakurikuler Wajib di Sekolah
BAGIKAN