Umat Islam melaksanakan Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1444 H di Lapangan Puputan Margarana, Denpasar, Bali, Jumat (21/4/2023). (BP/Dokumen Antara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Warga Muhammadiyah di Bali diminta untuk menjalankan shalat tarawih pertama di lokasi terdekat, Minggu (10/3). Pasalnya, tarawih pertama bertepatan dengan Hari Pengerupukan atau malam pawai ogoh-ogoh petang nanti.

Menurut Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Bali Muhammad Saffarudin, pihaknya sudah mengimbau dan mengupayakan agar umat Muslim bisa menuju masjid atau mushala terdekat.

Saffarudin dikutip dari Kantor Berita Antara menyampaikan sebagai upaya menjaga keamanan dan keharmonisan umat beragama, telah disiapkan sekitar 21 titik shalat tarawih pertama di seluruh Bali. Muslim kalangan Muhammadiyah dapat menuju lokasi paling strategis.

Baca juga:  Kunker dengan Panglima TNI, Ini Kata Kapolri Soal Isoter COVID-19 di Bali

“Hindari jalan-jalan yang padat dan macet, serta tetap menjaga keharmonisan dan saling menghormati, sehingga pawai ogoh-ogoh tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Arahan yang disampaikan ketua majelis tabligh tersebut disampaikan sejak jauh hari, selain untuk mengantisipasi kerawanan di rangkaian hari suci umat Hindu, juga sesuai arahan Pimpinan Pusat Muhammadiyah bahwa 1 Ramadhan 1445 H jatuh pada hari Senin, 11 Maret besok.

Saffarudin menyebut proses shalat tarawih yang bertepatan dengan pawai ogoh-ogoh malam nanti dimulai pukul 19.45 Wita di sembilan titik di Denpasar, tiga titik masing-masing di Badung dan Tabanan, dua titik di Buleleng dan Jembrana, serta satu titik di Gianyar dan Klungkung. (kmb/balipost)

Baca juga:  Dari Anak Penjabat di Badung Ditangkap hingga Kasus Harian Dilaporkan Nasional Terus Melandai

Berikut lokasi shalat tarawih pertama di Bali

Denpasar:
Mushala Gedung Dakwah PWM Bali
Mushala Ahmad Dahlan
Mushala Baitul Mukimin
Rumah Sosial Muhammadiyah Dentim
Mushola Syuhada Padang Indah
Mushala Al Huda
Mushala Ar-Rahman
Rumah Dakwah Muhammadiyah PDM
Mushala Uswatun Hasanah

Wilayah Badung:
Gedung PAUD Dalung,
Gedung Dakwah PDM Badung,
Rumah Joglo Mu

Wilayah Tabanan:
Mushala Gedung Dakwah PDM Tabanan
Mushala PCM Selemadeg Bajra
Mushala PCM Bakisan

Baca juga:  Kabupaten Ini, Nihil Laporkan Tambahan Kasus COVID-19 Juga Pasien Sembuh

Wilayah Gianyar
Mushala Miftahul Jannah

Wilayah Buleleng
Masjid Al Manar
Masjid At Taqwa

Wiayah Jembrana
Masjid An-Nur Muhammadiyah
Masjid Ash-Shidiqiyah Sang asurya

Wilayah Klungkung
Masjid Al Hikmah

BAGIKAN