Warga memadati Jalan Surapati, Denpasar untuk melihat ogoh-ogoh terbaik yang akan pawai, Jumat (1/3). Sekitar 12 ogoh-ogoh terbaik tampil dalam pawai dan pameran Kasanga Festival 2024 di Denpasar. (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Sebanyak 12 ogoh-ogoh berparade dalam pembukaan Kesanga Festival yang digelar Jumat (1/3). Parade yang dipusatkan di kawasan Patung Catur Muka, Denpasar ini dipenuhi ribuan warga yang antusias menyaksikan karya sekaa teruna Denpasar tersebut.

Seperti diketahui, 12 ogoh-ogoh yang tampil kali ini merupakan hasil penjurian yang telah dilakukan pada 17-18 Februari 2024.

Untuk wilayah Denpasar Selatan, ST. Dharma Subiksa, Br. Sasih Panjer keluar sebagai Nominasi I dengan nilai 279, disusul ST. Sukerela, Br, Kepisah Pedungan sebagai Nominasi II dengan nilai 268 dan Nominiasi III diraih ST. Canti Graha, Br. Tengah, Desa Sesetan dengan nilai 265.

Baca juga:  Cellular World Hadirkan SES di Outlet Teuku Umar

Selanjutnya untuk Kecamatan Denpasar Barat, Nominasi I diraih ST. Yowana Sawitra, Br. Abinatimbul dengan nilai 276, disusul ST. Wira Dharma, Br. Sumuh sebagai Nominasi II dengan nilai 271 dan Nominasi III diraih ST. Sekar Tirta Yowana, Br. Sapta Bumi dengan nilai 266.  Untuk Kecamatan Denpasar Utara, Nominiasi I diraih ST. Cantika, Br. Sedana Mertha dengan nilai 290, sebagai Nominiasi II diraih ST. Werdhi Sesana, Br. Tega dengan nilai 285 dan Nominasi III diraih ST. Eka Pramana, Br.Mertha Rauh dengan nilai 272.

Baca juga:  Wagub Cok Ace: Digitalisasi Kunci Membuka Potensi Ekonomi Baru di Bali

Sedangkan untuk Kecamatan Denpasar Timur, Nominiasi I diraih ST. Santhi Yowana, Br. Yangbatu Kangin dengan nilai 274, disusul ST. Yowana Werdhi sebagai Nominasi II dengan nilai 264 dan Nominiasi III diraih ST. Mekar Sari, Br. Kesambi dengan nilai 257.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar Raka Purwantara, Kesanga Festival ini merupakan ajang kreativitas anak muda dalam menyalurkan bakat dan seninya di dalam bidang ogoh-ogoh. Pihaknya memberikan wadah untuk memberikan ruang penyaluran bakat seni secara positif agar mampu memberikan manfaat yang positif bagi perkembangan seni di Denpasar.

Baca juga:  Penataan Bantaran Sungai Tukad Badung Tiru Konsep Korea

Dalam pembuatan ogoh-ogoh tahun 2024 ini, Pemkot Denpasar memberikan insentif kepada sekaa teruna. Pemkot menggelontorkan anggaran sebesar Rp 3,6 miliar khusus untuk pembuatan ogoh-ogoh dalam rangka Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1946.

Jumlah tersebut diperuntukkan bagi 360 sekaa teruna (ST) di Kota Denpasar sebagai bentuk pelestarian seni dan budaya Bali. Dimana, masing-masing ST mendapatkan dana pembinaan sebesar Rp 10 juta.

“Total 12 ogoh-ogoh terbaik dari empat kecamatan sudah ditetapkan, dimana 12 pemenang tersebut akan mendapatkan uang pembinaan masing-masing Rp 30 juta,” ujar Raka. (Asmara Putera/balipost)

BAGIKAN