Pohon jenis Pule yang usianya puluhan tahun tumbang menimpa sebuah bangunan palinggih Pura Bagus Pande Pasujan yang ada di Banjar Bugbug Kelod, Desa Bugbug, Karangasem, Selasa (20/2). (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pohon jenis Pule yang usianya puluhan tahun tumbang menimpa sebuah bangunan palinggih Pura Bagus Pande Pasujan yang ada di Banjar Bugbug Kelod, Desa Bugbug, Karangasem, Selasa (20/2). Kejadian itu, mengakibatkan kerugian materiil mencapai puluhan juta rupiah.

Kepala BPDB Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa, mengungkapkan, pohon Pule yang tumbang usianya sudah puluhan tahun. Pohon tumbang, karena sudah termakan usia. “Pohon Pule tumbang karena akarnya sudah lapuk, dan ketika diterpa angin kencang langsung tumbang,” ucapnya.

Baca juga:  Kreta Bali Samasta Akselerator Digitalisasi Desa

Arimbawa mengatakan, pohon tumbang menimpa palinggih dan penyengker di pura, sehingga mengalami kerusakan yang cukup parah. Dan untuk assessment telah dilakukan pihaknya bersama dengan pengempon pura setempat. “Tadi kita telah melaksanakan asesmen didampingi Kepala Desa, Kepala Dusun, berserta Ketua Pengempon Pura Bagus Pande Pasujan,” katanya.

Dia menjelaskan, akibat kejadian ini, pengempon mengalami kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah. “Untuk kerugian diperkirakan mencapai Rp 25 juta,” imbuh Arimbawa. (Bagiarta/Balipost)

Baca juga:  Letusan Freatik Berpotensi Terjadi Lagi
BAGIKAN