Petugas BPBD Klungkung saat turun ke TKP membersihkan areal rumah dari pohon tumbang. (BP/Gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Hujan lebat memicu peristiwa pohon tumbang di Banjar Tengah Desa Gunaksa Kecamatan Dawan, Klungkung, Senin (29/1).

Pohon tumbang itu menerjang sebuah rumah milik warga setempat I Wayan Remban (64) hingga atapnya rusak. Petugas BPBD Klungkung, polisi dan TNI segera turun ke lokasi untuk membantu membersihkan pohon tumbang itu, agar pemilik rumah selanjutnya bisa memperbaiki rumahnya.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Klungkung Putu Widiada, mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 06.00 wita. Warga sekitar melaporkan kejadian itu kepada petugas kepolisian di Polsek Dawan. Kemudian meneruskannya kepada anggota BPBD Klungkung, untuk bersama-sama ke lokasi melakukan penanganan.

Baca juga:  Pj Gubernur Bali Berkomitmen Jaga Netralitas, Jika Melanggar Laporkan ke Bawaslu

Pohon jenis kelapa itu langsung dibersihkan, dipotong-potong menggunakan sensor, dibantu anggota Polsek Dawan dan warga setempat. Terjangan pohon tumbang itu sedikit merusak bagian atap. Diperkirakan kerugian yang ditimbulkan sekitar Rp 1 juta. Dipastikan tidak ada korban dalam peristiwa ini. “Pohon tumbang terjadi karena cuaca ekstrim, hujan lebat disertai angin kencang. Kami sudah lakukan penanganan. Selanjutnya agar berhati-hati dan tingkatkan kewaspadaan,” tegas Widiada.

Baca juga:  Badung Dilanda Bencana Pohon Tumbang

Melihat situasi demikian, Kalak BPBD Klungkung menghimbau agar masyarakat selalu waspada. Apalagi kalau sedang dijalan terhadap bahaya longsor dan pohon tumbang serta banjir bandang, akan selalu mengancam. “Kami imbau masyarakat untuk lebih berhati-hati. Kalau ada pohon yang dekat dengan rumah, agar bisa dipangkas dulu, untuk menghindari kerugian yang lebih besar,” katanya. (Bagiarta/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *