Suasana Jembatan Ampera yang menjadi ikon kota Palembang di malam hari di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (7/3). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Agoda sebagai platform perjalanan digital merilis daftar ‘New Horizons’ pertamanya. Daftar ini menampilkan destinasi-destinasi yang sedang ‘naik daun’ di Indonesia.

Destinasi ini membandingkan data pencarian dari tahun ke tahun, menyoroti tempat-tempat yang kurang dikenal namun mengalami pertumbuhan minat dari para wisatawan. “Meskipun destinasi terpopuler di Indonesia terus menarik perhatian, kami mengamati adanya peningkatan pencarian untuk beberapa tempat yang kurang dikenal selama setahun terakhir,” ujar Senior Country Director – Indonesia di Agoda, Gede Gunawan, dikutip dari Kantor Berita Antara, Senin (8/1)

Tujuan perilisan destinasi baru ini adalah untuk mengekspos hidden gem di Indonesia, dan memberi aspirasi bagi para wisatawan yang mencari pengalaman baru dan destinasi yang jarang dikunjungi.

Destinasi tersebut antara lain Anyer yang berada di posisi teratas, dengan lonjakan pencarian sebesar 52 persen diikuti oleh Balikpapan dengan 47 persen.

Baca juga:  Lonjakan Kasus COVID-19 Terjadi, Kondisi Nakes Memprihatinkan dan Ratusan Dirawat

Terletak di pesisir barat Pulau Jawa, Anyer menawarkan kesempatan untuk bersantai, olahraga air, dan aktivitas yang cocok untuk keluarga. Situs-situs bersejarahnya, seperti mercusuar Anyer dan sisa-sisa Jalan Anyer-Panarukan, menambah daya tarik budayanya.

Jaraknya yang dekat dengan Jakarta membuat Anyer menjadi tempat liburan yang nyaman, dan resor-resornya menyediakan berbagai pilihan sesuai dengan berbagai preferensi dan anggaran. Matahari terbenam yang memukau dan pesona tepi pantainya telah menarik pengunjung lokal dan internasional, menawarkan pengalaman liburan yang kaya dan menyenangkan.

Sementara itu, Balikpapan sangat menarik karena pantainya yang indah, hutan yang lebat, dan keanekaragaman hayatinya. Balikpapan juga menawarkan atraksi budaya dan berfungsi sebagai titik awal untuk menjelajahi bagian lain di Kalimantan Timur.

Kota ini melayani wisatawan bisnis dan rekreasi dengan pembangunan infrastruktur yang terus berlanjut dan tuan rumah untuk berbagai acara perusahaan, menjadikannya salah satu destinasi menarik di Indonesia.

Baca juga:  Yuk! Wisata ke Istana Negara Gedung Agung Yogyakarta

Terletak di bagian selatan Sumatera, Bandar Lampung menjadi basis untuk menjelajahi pemandangan yang menakjubkan di wilayah ini, termasuk gunung berapi Krakatau yang terkenal dan Taman Nasional Way Kambas yang terkenal dengan keragaman spesiesnya.

Situs-situs bersejarah seperti Teluk Kiluan dan Museum Lampung memberikan pengalaman budaya yang beragam. Dengan kekayaan budaya masa lalu, pesona pantai, dan akses mudah ke keajaiban alam, Bandar Lampung menjadi destinasi yang diminati bagi wisatawan yang mencari pengalaman baru.

Destinasi lainnya yaitu Palembang yang dikenal dengan sejarah dan tradisi kuliner yang kaya. Palembang menjadi destinasi yang semakin populer bagi wisatawan yang ingin menjelajahi keanekaragaman budaya Indonesia.

Lokasi-lokasi menarik seperti Jembatan Ampera dan Sungai Musi, serta kuliner khas seperti model (mie kuah) dan pempek, menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Baca juga:  Bali Harus Maknai dengan Baik, Saatnya Berbenah!

Sedangkan situs bersejarah seperti Pulau Kemaro dan Museum Sultan Mahmud Badaruddin II memberi wawasan tentang masa lalu Palembang yang semarak.

Sementara Bekasi menjadi destinasi ideal untuk kunjungan singkat karena dekat dengan Jakarta. Urbanisasi yang cepat telah mendorong pengembangan fasilitas kontemporer, pusat belanja, dan tempat hiburan yang menawarkan pengalaman perkotaan.

Lanskap gastronomi, pasar lokal, dan atraksi budaya menambah daya tarik kota Bekasi. Bandar Lampung, Palembang, dan Bekasi muncul dengan kenaikan masing-masing 43 persen, 41 persen, dan 40 persen.

“Daftar ‘New Horizons’ Indonesia kami mencerminkan perkembangan minat wisatawan dalam menemukan pengalaman yang beragam dan kaya yang ditawarkan Indonesia. Mulai dari tempat peristirahatan yang tenang hingga pusat-pusat budaya, destinasi-destinasi ini semakin populer,” ujar Gede Gunawan. (kmb/balipost)

BAGIKAN