Pura Dadia Bingin Lingkungan Gede, Kelurahan Subagan, Kecamatan/ Kabupaten Karangasem, terbakar pada Senin (1/1). (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pura Dadia Bingin Lingkungan Gede, Kelurahan Subagan, Kecamatan/ Kabupaten Karangasem, terbakar pada Senin (1/1). Akibat peristiwa itu, kerugian yang dialami pengempon mencapai ratusan juta rupiah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 13.00 WITA. Kebakaran pertama kali dilihat oleh warga, I Gusti Ketut Sumerta yang saat itu sedang melaksanakan gotong royong di salah satu rumah warga.

Baca juga:  Dilaporkan Hilang, Anak SD di Undisan Ditemukan di Garasi Warga

Mengetahui kejadian itu, Sumerta menyampaikan kepada I Gusti Nyoman Suarta, selanjutnya Suarya memberitahu ke I Gusti Putu Suardana. Mereka langsung bergegas menuju pura dadia yang terbakar tersebut.

Sesampainya di lokasi, petugas Damkar Karangasem dan warga secara bahu membahu memadamkan api.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kabupaten Karangasem, I Made Agus Budiyasa, mengungkapkan pelinggih yang terbakar, yakni pelinggih meru tumpang tiga. Pelinggih ini kemudian menimpa pelinggih gedong sesuhunan yang berada lokasinya berada di sebelah selatan.

Baca juga:  Areal Terminal Keberangkatan Domestik Bandara Ngurah Rai Kebakaran, Penumpang Sempat Panik

“Untuk melakukan pemadaman, kita terjunkan belasan personel dengan empat unit armada Damkar. Akibat kejadian tersebut pengempon Dadia Bingin Subagan mengalami kebakaran dan kerugian yang dialami kurang lebih sekitar Rp300 juta,” ucapnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN