Proses pengujian sampel makanan di arena Denfest ke-16 oleh BBPOM di Denpasar pada Minggu (24/12). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Denpasar melakukan uji sampling terhadap seluruh makanan yang dijual pada stand kuliner Denpasar Festival (Denfest) ke-16. Ketua Tim Informasi dan Komunikasi BBPOM di Denpasar, Ni Putu Ekayani menjelaskan pihaknya melakukan dua kali uji sampling.

Hasilnya, seluruh makanan yang dijual pada stand kuliner Denfest ke-16 aman dikonsumsi. Kegiatan uji sampling ini dilaksanakan dengan rincian 25 sampel pada tahap pertama dan 16 sampel pada tahap kedua.

Baca juga:  Anak Dibiarkan Sering Main Gadget, Hati-hati Jadi Pelupa

Lebih lanjut dijelaskan, seluruh sampel dilaksanakan pengecekan dan pengujian beberapa parameter utama. Yakni Formalin, Boraks, Rodhamin B dan Methanyl Yellow.

Beberapa jenis makanan disasar pengujian, yakni dimsum, kerupuk, lontong, minuman berwarna, serta berbagai jenis makanan lainnya. Setelah dilaksanakan pengujian diketahui hasilnya baik dan seluruh makanan di arena Denfest aman untuk dikonsumsi.

“Setelah kami dilaksanakan pengujian, diketahui hasilnya juga bagus, nihil kandungan zat berbahaya, sehingga semua makanan di arena denfest memenuhi standar keamanan pangan, sehingga layak untuk dikonsumsi,” ujarnya.

Baca juga:  Masih Ditemukan, Rhodamin B di Makanan Tradisional

Selain melaksanakan pengujian, pihaknya juga manggandeng Teruna-Teruni Denpasar untuk melaksanakan edukasi bagi masyarakat. Hal ini utamanya dalam mendukung terwujudnya standar keamanan pangan. Selain itu, edukasi juga dilaksanakan bagi pedagang untuk ikut andil menjaga kebersihan makanan.

Sementara, Kadis Pariwisata Kota Denpasar, Luh Putu Ryastiti menyambut baik pengujian makanan oleh BBPOM di Denpasar. Sehingga, pengunjung Denfest tidak perlu khawatir menikmati kuliner, lantaran telah teruji oleh BBPOM. (Asmara Putera/balipost)

Baca juga:  Nataru, BPOM Temukan 1975 Produk Pangan Kedaluwarsa
BAGIKAN