AA Rai Yuda Darma. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Badung akan menyiagakan personel selama perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Seratusan personel ini akan disiagakan di empat titik. Kadishub Kabupaten Badung A.A. Ngurah Rai Yuda Darma mengatakan, titik-titik penjagaan, pengaturan dan pengamanan lalu lintas ada di seluruh wilayah Kabupaten Badung.

Seperti, pos pelayanan terpadu di Terminal Tipe A Mengwi, pos pengamanan Tibubeneng, pos pengamanan Pantai Kuta, dan pos yang didirikan oleh kepolisian dan Balai Pengelola Transportasi Darat XII Bali-NTB.

“Kekuatan personel untuk kegiatan penjagaan, pengamanan, dan pengaturan lalu lintas di wilayah Kabupaten Badung dalam rangka Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, kami mengerahkan sebanyak 164 petugas operasional lapangan,” ungkap Rai Yuda Darma, Minggu (17/12).

Baca juga:  Ditahan Kasus Pengancaman, Ini Kata BNNP Bali Soal Status Duta Antinarkoba Jerinx

Menurutnya, personel yang dikerahkan berasal dari UPTD P2TP Badung Selatan sebanyak 76 orang, UPTD P2TP Badung Utara sebanyak 70 orang, dan personel ATCS sebanyak 18 orang. Pengamanan Nataru juga akan berkolaborasi dengan sejumlah instansi terkait.

Ini merupakan kegiatan rutin yang merupakan kolaborasi antarseluruh pemangku kepentingan di bidang lalu lintas seperti kepolisian, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, BPBD, Jasa Raharja, Satpol PP dan pemangku kepentingan lainnya. “Rapat koordinasi kesiapan pengamanan Nataru sudah dilakukan di Polres Badung, Selasa 12 Desember lalu, dan rapat di Polresta Denpasar Rabu, 13 Desember,” jelasnya.

Baca juga:  Nataru, BPOM Temukan 1975 Produk Pangan Kedaluwarsa

Dikatakannya lebih lanjut, personel yang dikerahkan akan diploting pada pospam dan posyan. Pihaknya juga berkoordinasi dengan instansi terkait dalam hal pengambilan langkah-langkah pengaturan, pengamanan dan pengendalian lalu lintas dan angkutan selama Nataru 2024. “Penugasan personel operasional Dishub disiapkan dalam tiga shift untuk setiap harinya di pos pelayanan maupun di pos pengamanan dengan penugasan setiap shift 2 orang, sehingga setiap hari disiapkan 6 orang personil untuk pospam dan posyan yang ada di Badung Utara dan di Badung Selatan,” katanya.

Baca juga:  Antisipasi Kemacetan Nataru, Satpol PP Cek Jalur Bedugul

Dijelaskan, penugasan personel akan diberlakukan saat car free night di kawasan Kuta, khususnya di Jalan Pantai Kuta. “Untuk pengalihan arus akan disusun oleh rekan dari kepolisian dalam hal ini Polresta Denpasar yang berkolaborasi dengan kami dan stakeholder terkait di Kelurahan Kuta seperti desa adat, Kelurahan Kuta, LPM Kuta, dan Kecamatan Kuta. Kami prediksi akan terjadi peningkatan volume lalu lintas di kawasan Kuta dan objek-objek wisata lainnya di Badung Selatan sebagai dampak dari perayaan Nataru yang berpotensi meningkatkan kepadatan volume lalu lintas,” katanya. (Parwata/balipost)

BAGIKAN