Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari (tengah) menyampaikan sambutan sebelum debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). (BP/Dokumen Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Diharapkan pelaksanaan debat capres/cawapres dapat meyakinkan pemilih untuk menentukan pilihan dalam Pemilu 2024. Hal ini disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari, Selasa (12/12).

Dilansir Kantor Berita Antara, ia mengatakan dalam debat pertama ini calon presiden menggunakan kesempatan untuk menyampaikan visi dan misi serta program yang dapat meyakinkan pemilih untuk memilih dirinya menjadi presiden 5 tahun mendatang. Selain itu, dia mengharapkan masyarakat Indonesia untuk dapat menyimak visi dan misi maupun program para capres.

Baca juga:  Negara dengan Cakupan Vaksinasi Tinggi Banyak Alami Lonjakan Kasus, Penting Lakukan "Booster"

Pada kesempatan ini, pihaknya berharap pemilih di mana pun berada melalui berbagai macam saluran penyiaran, menyaksikan dan menyimak visi dan misi, program calon presiden yang akan dijadikan bahan kampanye metode debat pada malam hari ini.

Debat pertama Pilpres 2024, Selasa malam, merupakan debat antarcapres dan mengangkat tema tentang pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Baca juga:  Gibran Rakabuming Tegaskan Pihak Manapun Tidak Perlu Panik

Sementara itu, debat kedua merupakan debat cawapres pada tanggal 22 Desember 2023. Tema debat kedua adalah ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Debat ketiga pada tanggal 7 Januari 2024. Tema debat ketiga adalah pertahanan, keamanan, serta hubungan internasional dan geopolitik.

Berikutnya debat keempat pada tanggal 21 Januari 2024. Tema debat keempat adalah pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Baca juga:  Bansos "Racuni" Kecerdasan Pemilih

Debat kelima pada tanggal 4 Februari 2024. Tema debat kelima meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusi.

KPU telah menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (nomor urut 1), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. (nomor urut 3). (kmb/balipost)

BAGIKAN