Siswa memamerkan karya robotik dalam pameran pendidikan di SMPN 3 Bangli. (BP/Ina)

BANGLI, BALIPOST.com – Siswa SMPN 3 Bangli membuat beberapa karya robotik sederhana. Hasil karya para siswa tersebut dipamerkan pihak sekolah dalam pameran pendidikan yang digelar selama sepekan sejak, Senin (4/12).

Adapun beberapa karya robotik buatan siswa diantaranya berupa alat pengukur tinggi badan otomatis, mobil yang mampu berjalan sendiri mengikuti lintasan garis hitam. Selain itu ada pula karya lainnya berupa alat buka tutup atap otomatis. “Itu ada sensor otomatisnya. Ketika sensornya terkena air, maka atap akan menutup secara otomatis. Ketika kering, maka akan terbuka otomatis,” kata Kepala SMPN 3 Bangli Anak Agung Ari Kurniawan ditemui di sela-sela pameran.

Baca juga:  Go-Jek Swadaya, Upaya Sejahterakan Mitra Driver

Dijelaskan bahwa karya siswa tersebut merupakan hasil proses pembelajaran selama setahun dari proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Dimana pada semester ini, tema yang diangkat yakni “berekayasa dalam teknologi” dengan sub tema robotika sederhana.

Selain karya robotik, dalam pameran itu ditampilkan juga karya siswa lainnya dari proses pembelajaran di tiap mata pelajaran. Antara lain berupa media pembelajaran dan beberapa karya seni. “Selain di bidang sains, hasil pengembangan di bidang seni juga kami tampilkan. Seperti tanggal 11 nanti kami akan tampilkan pentas budaya, bertepatan dengan puncak HUT SMPN 3 Bangli ke -48,” kata Agung Ari.

Baca juga:  Di Jembrana, Sejumlah Bangunan Warga dan Sekolah Terkena Dampak Gempa

Pihaknya mengajak masyarakat umum untuk hadir selama pameran pendidikan di SMPN 3 Bangli berlangsung. Pameran dijadwalkan berakhir 11 Desember. (Dayu Swasrina/Balipost))

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *