MANGUPURA, BALIPOST.com – Perumda Air Minum (Perumdam) Tirta Mangutama Kabupaten Badung akan mengoptimalkan pemanfaatan air permukaan di kalangan pengusaha. Pasalnya, masih banyak usaha khususnya hotel di Gumi Keris yang masih mengutamakan memanfaatkan air bawah tanah (ABT), ketimbang suplai air bersih dari Perumdam.

Dirut Perumdam Tirta Mangutama, I Wayan Suyasa mengatakan, penggunaan ABT masih ditemukan di wilayah Badung, meski jumlahnya telah mengalami penurunan. Dia mencontohkan, hotel-hotel yang berada di kawasan pariwisata Nusa Dua, Kuta Selatan, belum sepenuhnya memanfaatkan air bersih dari Perumdam.

Baca juga:  Porjar Badung, Petanque Pertandingkan 11 Nomor

Seperti diketahui, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 122 Tahun 2015 tentang Sistem Penyediaan Air Minum, disebutkan bahwa jika ada jaringan PDAM maka masyarakat harus memanfaatkan suplai air dari PDAM, sedangkan sumur sebagai sumber cadangan, bukan menjadi sumber inti. Namun sekarang terbalik, suplai PDAM justru dipakai sebagai cadangan khususnya hanya untuk memenuhi perizinan. (Parwata/balipost)

Simak selengkapnya di video

BAGIKAN