Ilustrasi buah durian. (BP/Dokumen)

 

SINGARAJA, BALIPOST.com – Pemerintah Kabupaten Buleleng, melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng akan melaksanakan kegiatan Festival makan durian di Desa Madenan, Kecamatan Tejakula, Buleleng. Festival bertajuk Durian Ki Raja ini rencananya akan diselenggarakan pada Jumat (1/12) hingga Minggu (3/12) mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Buleleng Gede Dody Suksma Oktiva Askara mengatakan kegiatan festival ini sebagai bentuk pengembangan potensi yang dimiliki oleh Desa Madenan, Kecamatan Tejakula. Desa ini dikenal sebagai penghasil durian yang memiliki cita rasa yang berbeda dengan durian lainnya.

Baca juga:  Jembrana sebagai Kota Cokelat Diperkenalkan ke Mancanegara

Bahkan keberadaan durian madenan ini juga diklaim tanpa memiliki biji. “Durian Madenan pernah memenangkan kontes durian yang digelar Pemkab Buleleng pada 2019 lalu. Bahkan cita rasa yang tak kalah saing dengan durian kane serta musang king,” terang Doddy Sukma.

Doddy mengakui, event Festival Duren Madenan ini baru pertama kalinya dilaksanakan. Pengunjung nantinya dapat menyantap durian sepuasnya. Skemanya menggunakan voucher jenis premium, medium, dan biasa. “Penduduk Buleleng itu sebagian besar petani. Mereka memiliki produk-produk unggul yang perlu kami angkat brandingnya, sehingga buah-buah lokal Buleleng ini bisa dikenal luas,” jelas Doddy.

Baca juga:  Dari Video ABG Disetubuhi Bergiliran hingga Polisi Dalami Transaksi Uang

Selain durian Ki Raja yang khas madenan, ada beberapa buah lokal lainnya seperti manggis, alpukat, mangga dan kopi yang akan dipamerkan dalam festival tersebut. (Nyoman Yudha/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *