Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono saat menyampaikan sambutan saat Soedirman Awards 2023 di Jakarta, Senin (13/11/2023). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Guna optimalisasi tugas-tugas pokok TNI, sebanyak 60 perwira tinggi (pati) TNI, termasuk jabatan komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Abdulrachman Saleh Malang, Jawa Timur, dilakukan mutasi.

Kebijakan mutasi, rotasi, dan promosi tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/1324/XI/2023 dan diteken Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono pada Jumat (17/11). Hal itu dibenarkan oleh Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksda TNI Julius Widjojono saat dihubungi di Jakarta, dikutip dari kantor berita Antara Minggu (19/11).

Dari 60 pati yang tercantum namanya dalam SK tersebut, 25 di antaranya berasal dari matra TNI Angkatan Udara, 25 perwira tinggi TNI Angkatan Darat, dan 10 lainnya dari TNI Angkatan Laut.

Dari jajaran TNI AU, Wakil Kepala Staf TNI AU (Wakasau) Marsdya TNI A. Gustaf Brugman dimutasi menjadi pati Mabes TNI AU dalam rangka pensiun.

Yudo pun menunjuk Marsdya TNI Andyawan Martono, yang sebelumnya menjabat sebagai panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II, untuk menjadi Wakasau.

Kemudian, Marsdya TNI Mohamad Tonny Harjono, yang sebelumnya merupakan Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas), ditunjuk sebagai Pangkogabwilhan II.

Jabatan pangkoopsudnas diganti oleh Marsdya TNI Tedi Rizalihadi, yang sebelumnya komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI AU (dankodiklatau).

Untuk posisi Dankodiklatau, panglima TNI memberi promosi kepada Marsda TNI Arief Mustofa, yang sebelumnya sebagai deputi Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi, dan Aparatur Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenkopolhukam) RI.

Lalu, jabatan Inspektur Jenderal TNI AU (Irjenau), yang semula diisi oleh Marsda TNI Eko D. Indarto, saat ini diisi oleh Marsda TNI Jemi Trisonjaya, yang sebelumnya menjabat Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau).

Baca juga:  Per 23 Mei, Kasus Baru Positif COVID-19 di Bali Masih Terus Bertambah

Dalam SK yang sama, Yudo juga melakukan mutasi terhadap Danlanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Fairlyanto menjadi staf khusus kasau. Penggantinya ialah Marsma TNI Firman Wirayuda yang sebelumnya menjabat direktur latihan (Dirlat) Kodiklatau.

Dalam SK itu, kebijakan mutasi turut memperhatikan surat dari tiga kepala staf, termasuk dari kasau tertanggal 25 Oktober 2023, terkait usul perubahan dan tambahan penempatan jabatan perwira TNI AU golongan perwira tinggi.

Tidak hanya Danlanud Abdulrachman Saleh, Yudo juga melakukan mutasi terhadap Marsma TNI Prasetiya Halim dari jabatan Komandan Lanud Supadio menjadi Dirlat Kodiklatau. Posisi Danlanud Supadio pun diisi oleh Marsma TNI Reka Budiarsa.

Perwira tinggi TNI AU lainnya yang kena mutasi dan rotasi ialah Marsda TNI M. Fadjar Sumarijadji, yang sebelumnya sebagai asisten personel kasau menjadi koorsahli kasau.

Selanjutnya, ada pula Marsma TNI Mohammad Syafii menerima promosi sebagai aspers kasau. Posisi Syafii sebelumnya, yakni kepala Dinas Administrasi Personel TNI AU (Kadisminpersau), diisi oleh Marsma TNI Danet Hendriyanto.

Selanjutnya, Marsma TNI Didik Kristyanto kini menjabat sebagai komandan Pusat Latihan (danpuslat) Kodiklat TNI, yang sebelumnya diisi oleh Marsma TNI Djohn Amarul. Djohn Amarul dimutasi sebagai asisten personel Kepala Staf (Kas) Koopsudnas.

Masih dari jajaran TNI AU, Panglima TNI juga memberikan promosi kepada Kolonel Pnb Jajang Setiawan, yang saat ini menjabat sebagai komandan Komando Sektor I Koopsud I.

Baca juga:  Imigrasi Mataram Dirikan Posko Pengawasan OA di Kawasan Wisata Gili Trawangan

Posisi komandan Sekolah Komando Kesatuan TNI AU (Dansekkau) saat ini pun diisi oleh Marsma TNI Sri Duto Dhanisworo. Dansekkau lama, Marsma TNI Ali Gusman, kini menjadi staf khusus kasau.

Kemudian, posisi danlanud Suryadarma diisi oleh Kolonel Pnb Sapuan. Dalam SK yang sama, panglima TNI juga melakukan mutasi terhadap Danlanud Sri Mulyono Herlambang Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo menjadi Dankosek III Koopsud III.

TNI AL dan TNI AD

Dari jajaran TNI AL, panglima TNI melakukan mutasi terhadap Laksdya TNI Dadi Hartanto, yang semula menjabat sekretaris jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas), menjadi komandan jenderal (danjen) Akademi TNI. Posisi sekjen Wantannas saat ini pun diisi oleh Laksda TNI T. S. N. B. Hutabarat.

Kemudian, Laksma TNI Basri Mustari pun ditunjuk sebagai Direktur Operasi Laut pada Deputi Bidang Operasi dan Latihan Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI.

Pejabat lamanya, Laksma TNI Friche Flack, saat ini menjadi kepala Kelompok Staf Ahli (kapoksahli) Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I.

Berikutnya, dari jajaran TNI AD, Letjen TNI Teguh Arief Indratmoko, yang sebelumnya menjabat danjen Akademi TNI, kini menjadi perwira tinggi Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Brigjen TNI Suhardi, dari jabatan semula sebagai Direktur D Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI, pun menerima promosi sebagai Komandan Komando Operasi Khusus (Dankoopssus) TNI.

Posisi Suhardi pun digantikan oleh Kolonel Inf. Toyib Anwari, yang sebelumnya juga berdinas di lingkungan BAIS TNI.

Baca juga:  Mutasi di Pemprov Bali, Astawa Jadi Kadisdagperin

Dalam SK yang sama, Panglima TNI menukar jabatan Brigjen TNI Heru Langlang Buana dengan posisi Brigjen TNI Dody Muhtar Taufik.

Brigjen Heru saat ini pun menjabat Direktur Pendidikan Akademi TNI, sementara Brigjen Dody menjabat wakil komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (wadan PMPP) TNI.

Brigjen TNI Tatang Subarna, yang semula menjabat komandan Resor Militer (danrem) 064/Maulana Yusuf di Serang, Banten, saat ini mengisi posisi sebagai kepala Staf Kodam (kasdam) Jaya.

Posisi Danrem 064/Maulana Yusuf pun diisi oleh Kolonel Inf. Fierman Sjafirial Agustus, yang pecah bintang setelah menyelesaikan tugas sebagai ajudan wakil presiden RI.

Brigjen TNI Supriono, yang sebelumnya menjabat sebagai danrem 042/Garuda Putih, Jambi, kini mengisi posisi perwira staf ahli Tingkat III Kepala Staf TNI AD Bidang Komunikasi Sosial.

Posisi Danrem 042/Garuda Putih saat ini diemban oleh Kolonel Inf. Rachmad yang menerima promosi dari panglima TNI.

Kemudian, Mayjen TNI Henra Hari Sutaryo, yang mulanya menjabat sebagai komandan Sekolah Calon Perwira TNI AD (dansecapaad), kini menjadi staf khusus Kasad.

Posisi dansecapaad saat ini pun diisi oleh Brigjen TNI Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun. Jabatan Bobby semula, sebagai panglima Divisi Infanteri 1 Kostrad, digantikan oleh Brigjen TNI Rudi Puruwito.

Lalu, Brigjen TNI Tahan Sopian Parulian, yang semula bertugas sebagai kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua Barat pada Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri Badan Intelijen Negara (BIN), kini menjadi staf khusus Kasad. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *