Lantik- Bupati Karangasem, I Gede Dana secara resmi melantik I Wayan Sutama sebagai Direktur Utama Perseroda Karangasem Sejahtera serta I Gusti Bagus Budiadnyana, sebagai Komisaris Perseroda, dimana pelantikan dilaksanakan di Wantilan Kantor Bupati Karangasem, Selasa (31/10). (BP/Ist)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Bupati Karangasem, I Gede Dana secara resmi melantik I Wayan Sutama sebagai Direktur Utama Perseroda Karangasem Sejahtera serta I Gusti Bagus Budiadnyana, sebagai Komisaris Perseroda, dimana pelantikan dilaksanakan di Wantilan Kantor Bupati Karangasem, Selasa (31/10).

Setelah terbentuk, Perseroan Daerah (Perseroda) Karangasem Sejahtera siap beroperasi menjalankan perusahaan milik daerah, dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat di Kabupaten Karangasem termasuk mendongkrak Pemasukan Asli Daerah (PAD) pada sektor usaha tertentu. Selain itu, dalam acara itu juga dilaksanakan mengambil sumpah janji jabatan bagi 120 orang CPNS tahun 2021 lalu.

Baca juga:  Badung Utamakan Adat-Budaya, Klungkung untuk Infrastruktur

Bupati, I Gede Dana, mengungkapakan, setelah dilantik, diharapkan mampu menjalankan Perusahaan Daerah milik pemkab Karangasem dengan baik, sehingga perusahaan bisa berkembang dan bersaing dengan perusahaan swasta lainnya. Selain itu, Perseroda Karangasem Sejahtera juga diharapkan mampu menjadi perusahan yang mampu menampung setiap potensi yang ada di Kabupaten Karangasem.

“Potensi yang dimiliki cukup banyak, diantaranya potensi dari sektor pertanian, kelautan, pelabuhan maupun energi yang belum digarap dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat Karangasem. Kita punya energi tenaga surya, pelabuhan dan lainnya yang belum tergarap,” ujarnya.

Baca juga:  Tiongkok Bersikeras Tolak Manggis Indonesia

Menurut Gede Dana, Perseroda Karangasem Sejahtera selain sebagai perusahan daerah yang membawa misi sosial dalam pelayanan publik, Perseroda Karangasem Sejahtera juga harus mampu menghasilkan Profit (keuntungan) untuk peningkatan PAD Karangasem. “Saya kira, Perseorda memiliki peran ganda, selain membawa misi sosial pelayanan publik, juga profit. Ini memang tidak mudah, butuh komitmen dan kerja nyata semua pihak,” katanya.

Sementara itu, Direktur Utama Perseroda Karangasem Sejahtera, I Wayan Sutama , menyatakan pihaknya siap untuk mengemban tugas. Sebagai Langkah awal menjalankan Perseroda ini, pihaknya akan melakukan pemetaan setiap potensi sesuai arahan Bupati Karangasem. “Saya tetap optimistis Perseroda Karangasem Sejahtera akan berjalan, melihat potensi-potensi yang dimiliki Karangasem,” katanya.

Baca juga:  Kejar Target, Ini Kendala Perijinan di Tabanan

Selain melantik Direktur dan Komisaris Perseroda Karangasem Sejahtera,dalam kesempatan yang sama bupati I Gede Dana juga mengambil sumpah janji jabatan bagi 120 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang merupakan CPNS di tahun 2021 lalu. Dari 120 orang tersebut, 115 orang menerima SK dari bupati. Sedangkan lima orang lagi merupakan pindahan dari daerah lain tetapi bertugas di Kabupaten Karangasem. (Adv/Balipost)

 

BAGIKAN