Tingkatkan kapasitas SDM, dilakukan pelatihan pendirian tenda rumah sakit lapangan. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi bencana yang menimbulkan krisis kesehatan sehingga diperlukan peninggkatan kapasitas untuk upaya pengurangan risikonya. Penyiapan logistik merupakan salah satu komponen dari peningkatan kapasitas.

Peran logistik kesehatan pada saat bencana sangat penting dalam upaya penanganan krisis kesehatan. Dalam hal ini pemberian pelayanan kesehatan dilakukan Emergency Medical Team dan unit kesehatan lainnya.

Rumah Sakit lapangan adalah suatu media pelayanan Kesehatan yang di set-up ketika fasilitas kesehatan tidak mampu menunjang pelayanan kesehatan pada saat krisis terjadi. Indonesia memiliki 10 set Tenda Rumah Sakit Lapangan yang di siagakan di 10 Regional Pusat Krisis Kesehatan 1 set terdiri dari 19 unit tenda.

Baca juga:  Logistik Pilkada Tabanan Mulai Datang, Ribuan Kotak Suara dan Tinta Disimpan di Gor Debes

Pelatihan pendirian tenda ini, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima, merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas SDM di Regional Pusat Krisis Kesehatan. Sehingga diharapkan SDM di regional siap dalam melakukan upaya penanggulagan krisis kesehatan, khususnya dalam hal menyiapan tenda untuk Rumah Sakit Lapangan. (kmb/balipost)

BAGIKAN